TEKNOLOGI

Usia Pakai Pendek, China Overhaul JF-17 Thunder Pakistan

Rabu, 29 Mei 2019 08:00
Penulis :
Usia Pakai Pendek, China Overhaul JF-17 Thunder Pakistan

Pesawat tempur JF-17 Thunder. Sumber: defence.pk

Angkasa.news - Lazimnya produk alutsista China, usia pakainya relatif pendek. Pesawat tempur JF-17 Thunder yang umur dinas aktifnya belum mencapai satu dekade di dalam Angkatan Udara Pakistan, ternyata sudah harus menjalani perawatan berat alias overhaul.

Mengutip laporan oleh China Aviation News, situs web Defense World.Net menyatakan bahwa perombakan pesawat dilakukan oleh Changsha 5712 Aircraft Industry Company, anak perusahaan Aviation Industry Corporation of China (AVIC).

Reparasi JF-17 dilaporkan selesai pada Maret tahun ini dan diserahkan kembali ke Pakistan.

Laporan ini menarik karena tampaknya mengonfirmasi bahwa Pakistan masih tidak mampu melakukan perawatan besar atas armada tempur JF-17 yang sedang tumbuh di dalam negeri.

Artinya, Pakistan yang agresif memasarkan jet tempur JF-17 sebenarnya tak ubahnya makelar belaka dari alutsista China.

Perbaikan di masa depan diperkirakan akan dilakukan di Pakistan, karena AU Pakistan telah mengirimkan lusinan awak perawatan ke China untuk pelatihan dan transfer teknologi.

Namun begitu, memiliki jet tempur berharga murah namun usia pakainya pendek tampaknya harus dipikirkan ulang oleh negara-negara yang berminat memilikinya.

 

Tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Redaksi tidak bertanggung jawab atas kesalahan nama, data, dan isi artikel sebagaimana tertera.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.