TEKNOLOGI

Temukan Retak di Sambungan Sayap, AS Grounded Sementara 123 Pesawat C-130 Hercules

Senin, 12 Agustus 2019 11:00
Penulis : Beny Adrian
Temukan Retak di Sambungan Sayap, AS Grounded Sementara 123 Pesawat C-130 Hercules

Sumber: USAF/ Tech. Sgt. Joseph Harwood

Angkasa.news - 179th Airlift Wing, Mansfield, Ohio telah menerima tiga pesawat angkut Lockheed C-130H2 Hercules yang selesai melaksanakan upgraded.

Pesawat ketiga tiba hanya satu hari setelah pengumuman dari Air Mobility Command mengenai masalah C-130 Rainbow Fitting Cracking.

Pengumuman ini memerintahkan penghapusan (grounded) sementara 123 dari 450 total force C-130 dari penugasan pada 7 Agustus 2019, setelah retakan yang tidak lazim ditemukan pada sambungan sayap tengah bawah (lower center wing joint) atau rainbow fitting.

Keretakkan ditemukan saat pekerjaan pemeliharaan. Kondisi ini mempengaruhi 5 dari 11 pesawat C-130 Airlift Wing 179. Setelah pemeriksaan, tidak ada retakan yang ditemukan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua anggota di seluruh Wing atas upaya yang luar biasa minggu ini dalam mengurus inspeksi grounding,” ujar Kolonel Todd K. Thomas, Komandan 179th Airlift Wing Commander.

Hercules ini baru saja menerima modifikasi di Dyess AFB, Texas, dan sedang dalam proses diubah untuk modifikasi Automatic Dependent Surveillance-Broadcast Out (ADS-B Out) yang harus diselesaikan dalam beberapa bulan mendatang.

Modifikasi ini memungkinkan pesawat terbang di Kelas B dan di atas wilayah udara, memungkinkan C-130 berbagi wilayah udara yang padat dengan pesawat komersial secara aman.

Pesawat yang tiba dilengkapi Electronic Propeller Control Systems (EPCS). Peremajaan EPCS akan menggantikan sistem kontrol baling-baling hidro mekanik.

Upgrade EPCS hanyalah beberapa modifikasi yang akan dilakukan untuk C-130 di tahun-tahun mendatang.

Perangkat tambahan lainnya termasuk teknologi bilah baling-baling terbaru, teknologi penghindaran tabrakan, dan penguatan wing boxes pesawat.



Komentar