TEKNOLOGI

Tegaskan Komitmennya di Pasifik, Rusia Perlihatkan Armada Pasifik kepada 100-an Atase Militer

Sabtu, 02 November 2019 19:38
Penulis : Beny Adrian
Tegaskan Komitmennya di Pasifik, Rusia Perlihatkan Armada Pasifik kepada 100-an Atase Militer

Atase Pertahanan Korea Utara Mayjen Kim Yong Jin, di belakangnya terlihat Atase Laut Indonesia Kolonel Louhenapessy. Sumber: TASS

Angkasa.news – Digelar selama dua hari (29-30/10) di Vladivostok dalam terjangan suhu menusuk tulang, Rusia mengundang 100 lebih atase pertahanan dari 55 untuk melihat langsung gelar kekuatan Armada Pasifik Rusia.

Dalam acara ini, Rusia juga memperlihatkan kemampuan operasi infanteri laut di Wilayah Primorye di Timur Jauh Rusia.

Memenuhi undangan yang sangat penting ini, KBRI Moskow mengirim Kolonel Laut (S) Ariyan Dilli Louhenapessy yang merupakan Atase Laut dari Kantor Atase Pertahanan Indonesia di Moskow.

“Atase militer diundang ke daerah latihan pantai Gornostai di pinggiran Vladivostok. Para tamu ditawari sebuah program, di mana unit-unit infanteri laut menunjukkan keterampilan tempur dalam pertahanan dan ofensif,” ungkap kantor media Armada Pasifik.

Selain itu, anggota infanteri laut juga menunjukkan keterampilan mereka dalam menggunakan senjata, teknik perkelahian, dan melewati rintangan.

Setelah para tamu membiasakan diri dengan instruksi keamanan dan karakteristik small arms, para  atase militer ditawari kesempatan mencobanya.

Para tamu juga melihat pengoperasian perangkat militer canggih di lingkungan pasukan pertahanan pesisir Armada Pasifik.

Pesan yang bisa ditangkap dari latihan ini adalah, Rusia tetap menjaga kekuatan dan stabilitas Kawasan dengan terus hadir di Kawasan Asia Pasifik sebagai balancing power.

Karena Armada Pasifik Rusia memiliki sejarah panjang sejak pendaratan pertama pada 1725, yang kemudian dibentuk sebagai Pacific Military Flotilla pertama pada 1731.



Komentar