TEKNOLOGI

Tak Lagi Gunakan Drone Target, Tahun Depan AU AS Bakal Gunakan Teknologi AI untuk Latihan Dogfight

Rabu, 10 Juni 2020 19:00
Penulis : Remi
Tak Lagi Gunakan Drone Target, Tahun Depan AU AS Bakal Gunakan Teknologi AI untuk Latihan Dogfight

Ilustrasi

Angkasa.news - Angkatan Udara AS berencana menggelar latihan pertempuran udara pertama antara manusia melawan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada Juli 2021.

Saat ini, pihak AU AS dikabarkan sedang terus mengembangkan drone yang tidak hanya digunakan sebagai target penembakan tapi juga mampu mensimulasikan tembakan ke pesawat lain.


Kepala Pusat Kecerdasan Buatan Gabungan Pentagon, Jack Shanahan mengatakan, tim Laboratorium Penelitian Angkatan Udara mendorong teknologi AI untuk latihan dogfight jauh melampaui teknologi yang sekarang ada.

Tim riset dan pengembangan itu merencanakan F-16 yang akan ditanamkan teknologi AI untuk melawan pesawat berawak milik AU AS lainnya.

Pesawat ini sebenarnya telah diuji coba menggunakan teknologi AI sejak tahun 2018. Kelak, teknologi kecerdasan buatan juga akan dibenamkan ke pesawat yang lebih baru seperti F-22 atau F-35.

Tujuan utama dari teknologi kecerdasan buatan ini bukan untuk melepaskan peran pilot di kokpit pesawat. Peran AI justru akan membantu pilot dalam pengambilan keputusan di waktu-waktu kritis.

"Pilot manusia kita, yang benar-benar baik. Tapi, bayangkan jika saya dapat menambah kemampuan para pilot ini dengan sistem yang dapat memiliki jutaan jam waktu pelatihan? Bagaimana saya bisa menjadikan diri saya autopilot taktis sehingga dalam pertarungan udara-ke-udara, sistem ini dapat membantu membuat keputusan besar di saat manusia bahkan tidak bisa mulai memikirkannya?" ujar Shanahan.



Komentar