TEKNOLOGI

Tahun Depan TNI AU Akan Selesaikan Program Upgrade Falcon STAR untuk Semua F-16A/B

Sabtu, 22 Februari 2020 13:22
Penulis : Beny Adrian
Tahun Depan TNI AU Akan Selesaikan Program Upgrade Falcon STAR untuk Semua F-16A/B

Pesawat F-16 TNI AU usai menjalani program Falcon STAR. Sumber: Dispenau

Angkasa.news - Hingga pengujung tahun depan, TNI AU akan menyelesaikan pekerjaan pemeliharaan untuk memperpanjang masa pakai pesawat tempur F-16A/B Fighting Falcon Block 15.


Program upgrade ini diberi label EMLU (Enhanced Mid-Life Update) dan Falcon STAR (The Falcon Structural Augmentation Rodmap). 

Pesawat F-16A/B TS-1610 pertama yang menjalani program ini, sudah menjalani penerbangan perdana disaksikan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna di apron Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun, Selasa (18/2).

Menurut KSAU, tahun ini sepuluh pesawat F-16 akan selesai di-upgrade. "Kita akan selesaikan pekerjaan ini hingga akhir tahun depan sepuluh pesawat, semua dikerjakan oleh teknisi kita," jelas Yuyu usai meninjau selesainya perbaikan Human Centrifuge di Lakespra Saryanto, Jakarta (21/2).

"Kita tidak lagi mengandalkan 100 persen dari luar," ungkap KSAU menambahkan bahwa pembuatan kabel 100 persen dari TNI AU.

Sebelumnya Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto menjelaskan, first flight untuk pesawat pertama dan kedua dilaksanakan oleh pilot uji Lockheed Martin. "Selanjutnya pesawat ketiga dan terakhir oleh penerbang TNI AU," jelas Fajar.

Pekerjaan upgrade ini dilaksanakan secara kerja sama oleh teknisi TNI AU dibantu PTDI dengan supervisi dari Lockheed Martin.

"Upgrade untuk 10 sepuluh pesawat ini insya allah selesai Desember 2021," kata Yuyu. 



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.