TEKNOLOGI

Semua Pesawat Tempur China Akan Adopsi Low Observable Paint Scheme untuk Kecoh Radar Musuh 

Selasa, 24 Maret 2020 14:30
Penulis : Beny Adrian
Semua Pesawat Tempur China Akan Adopsi Low Observable Paint Scheme untuk Kecoh Radar Musuh 

Pesawat tempur J-20. Sumber: nationalinterest.org

Angkasa.news - Angkatan Udara China mencoba untuk membakukan skema cat (paint schemes) pesawat tempur sebagai aturan baru yang mewajibkan penggunaan cat dan warna umum untuk mengurangi visibilitas armada baik ke mata manusia maupun radar.


Menurut peraturan baru ini, Angkatan Udara China (PLAAF) akan mulai menggunakan skema cat low observable yang akan mengurangi visibilitas pesawat terhadap radar musuh serta pengamatan visual.

Warna-warna baru yang digunakan adalah warna langit (sky colors) seperti abu-abu, biru muda dan perak, yang membantu pesawat nge-blend dengan latar belakangnya. 

Skema cat juga akan menggunakan lambang baru dengan bendera China yang berwarna merah dibuat kurang menonjol, dan membuat pesawat lebih mudah untuk dilihat.

"Warna merah yang digunakan menyolok, tidak sejalan dengan persyaratan low observable jet tempur," Song Zhongping, komentator militer untuk Televisi Phoenix mengatakan kepada South China Morning Post pada Senin. 

"Semua jet tempur harus memiliki kemampuan tersembunyi (stealth) dan visibilitas rendah, coating dan marking pada pesawat adalah bagian dari bagaimana mereka dapat melakukan ini dan memenuhi persyaratan combat."

Media ini juga mencatat sejumlah kecil pesawat tempur J-15 berbasis di kapal induk sudah menerapkan aturan ini.

Kedua Angkatan (AU dan AL) akan meluncurkan perubahan selama sisa tahun ini dan, jika berhasil pada pesawat tempur, skema cat akan diperluas penggunannya ke pesawat pembom, pesawat angkut, dan pesawat khusus lainnya.

Penggunaan cat tertentu akan mengurangi jumlah gelombang radar yang dipantulkan pesawat, membantu pesawat lebih tersembunyi dan tampak lebih kecil di radar musuh.

Angkatan Udara China telah menguji lapisan penyerap radar dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak hanya pada J-20 tetapi juga pada versi J-16 yang diadaptasi untuk peran SEAD (suppression of enemy air defenses). 

Hanya saja skema cat eksperimental di pesawat tempur J-16 berwarna abu-abu gelap, bukan biru langit.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.