TEKNOLOGI

Rampung Perpanjangan Masa Pakai, Kapal Selam USS Jefferson City Tinggalkan Pearl Harbor

Kamis, 14 November 2019 15:15
Penulis : Beny Adrian
Rampung Perpanjangan Masa Pakai, Kapal Selam USS Jefferson City Tinggalkan Pearl Harbor

Kapal selam Angkatan Laut AS, USS Jefferson City. Sumber: Chief Petty Officer Amanda Gray

Angkasa.news - Kapal selam serang cepat kelas Los Angeles, USS Jefferson City (SSN 759) milik Angkatan Laut Amerika Serikat, meninggalkan Pearl Harbor Naval Shipyard setelah menyelesaikan rekayasa overahul untuk memperpanjang masa pakai kapal.

Selama periode galangan kapal, dilakukan beberapa perbaikan, pemeliharaan preventif, dan peningkatan peralatan yang dipasang pada sistem taktis dan pabrik propulsi.

Bertugas sejak 29 Februari 1992, USS Jefferson City adalah kapal selam ke-48 dari kelas Los Angeles dan satu-satunya kapal dalam sejarah Angkatan Laut AS yang dinamai sesuai nama ibu kota dari Show Me State.

USS Jefferson City mampu mendukung berbagai misi, termasuk perang antikapal selam, perang kapal antipermukaan, serangan, pengawasan, dan pengintaian. Kapal ini adalah satu dari enam kapal selam kelas Los Angeles yang dititipkan di San Diego.

Kapal selam serang kelas ini dirancang untuk mencari dan menghancurkan kapal selam musuh dan kapal permukaan; memproyeksikan kekuatan ke darat dengan rudal jelajah Tomahawk dan Pasukan Operasi Khusus; melaksanakan misi Intelijen, Pengawasan dan Pengintaian (ISR); mendukung operasi kelompok pertempuran; dan terlibat dalam perang ranjau.

Menurut Departemen Pertahanan AS, kecepatan tertinggi kapal selam kelas Los Angeles lebih dari 25 knot, meskipun maksimum sebenarnya diklasifikasikan.

Beberapa perkiraan yang dipublikasikan telah menempatkan kecepatan tertingginya pada 30 hingga 33 knot (56 hingga 61 km per jam).

Dalam bukunya Submarine: A Guided Tour Inside a Nuclear Warship, Tom Clancy memperkirakan kecepatan tertinggi kelas Los Angeles sekitar 37 knot (69 km per jam).



Komentar