TEKNOLOGI

Pilot Tempur AS Ganti Senapan M4 ke GAU-5A Agar Muat di Kursi Pelontar

Rabu, 19 Februari 2020 15:00
Penulis : Remi
Pilot Tempur AS Ganti Senapan M4 ke GAU-5A Agar Muat di Kursi Pelontar

Sumber: guns.com

Angkasa.news - Angkatan Udara AS (USAF) mengembangkan senapan serbu GAU-5A carbine yang terurai menjadi dua bagian. Senapan serbu ini memungkinkannya disimpan di kursi pelontar. 

GAU-5A dirancang oleh Air Force Gunsmith Shop yang menurut Military.com, dibentuk pada tahun 1958 untuk memperbaiki dan memperbarui semua senjata kecil milik Angkatan Udara, mulai dari pistol hingga senapan mesin kaliber .50. 

Gunsmith Shop menerima persyaratan untuk senjata dengan kemampuan mencapai target seukuran manusia pada jarak 200 meter. Kemampuan ini lebih jauh dari jangkauan efektif pistol M17 yang baru.


Saat ini, kebanyakan penerbang USAF menggunakan karabin M-4 yang dirasa terlalu besar dan berat. Panjang rata-rata senapan sekitar 33 inci dan berat sekitar 3 kg.

Sebenarnya GAU-5A adalah karabin M-4 yang telah dimodifikasi. Pistol ini dimodifikasi dengan memecahnya menjadi dua bagian utama agar lebih mudah disimpan. Barel standar yang berukuran 14,5 inci diganti dengan barel berukuran 12,5 inci agar lebih pendek.

Selanjutnya, Gunsmith Shop menginstal kit Quick Release Barrel (QRB) buatan Cry Havoc Tactical yang memungkinkan laras dan pelindung tangan dilepas. Pegangan pistol juga digubah agar mampu dilipat ke belakang. Pisir penjera di bagian depan senapan juga dihilangkan dan diganti dengan pisir yang bisa dilipat agar lebih ringkas.

Senapan ini dilengkapi dengan empat magasen isi 30 butir peluru 5,56 milimeter yang dirancang sesuai dengan kompartemen seukuran 16 x 14 x 3,5 inci di kursi pelontar.

Apabila pilot membutuhkan senapan ini, maka ia hanya harus mengeluarkan kotak senjata dari belakang kursi pelontar, melipat pegangan pistol ke depan, memasang laras ke senapan, membuka pisir, dan memasukkan magasen. Seluruh proses memakan waktu 30 detik.

Gunsmith Shop telah memproduksi dan mengirimkan 2.700 GAU-5A ke Angkatan Udara di seluruh dunia, dengan total biaya 2,7 juta dolar AS.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.