TEKNOLOGI

Pesawat Latih Masa Depan AS, Boeing-Saab T-7A Red Hawk Rampungkan Uji Terbang Inverted

Kamis, 16 Juli 2020 12:58
Penulis : Beny Adrian
Pesawat Latih Masa Depan AS, Boeing-Saab T-7A Red Hawk Rampungkan Uji Terbang Inverted

Sumber: Boeing

Angkasa.news – Pesawat latih jet canggih yang dikembangkan bersama Boeing dan Saab yang diberi nama T-7A Red Hawk, baru saja menyelesaikan satu tahap uji kritisnya.


Jet latih dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Udara AS. 

Penguian terbaru yang dijalani T-7A adalah penerbangan terbalik (inverted). Dalam formasi ini, pesawat melaju dalam posisi terbalik, serasa Bumi ada di atas pesawat. 

Menurut almarhum Marsda (Pur) F. Djoko Poerwoko, manuver ini meski terkesan biasa saja sejatinya sangat berbahaya dilakukan. 

Pilot Uji & Evaluasi Boeing, Matt Giese dan William Berryman menjadi yang pertama menjajal kemampuan inverted pesawat Red Hawk. Maneuver ini dilaksanakan untuk menguji sistem bahan bakar di semua sudut. 

Tes memverifikasi sistem jet berkinerja pada daya maksimum dengan kekuatan-g negatif yang berkelanjutan.

"Apa yang kami lakukan adalah menggulingkan pesawat secara terbalik," kata Dan Draeger,  kepala pilot, Boeing Tactical Aircraft, Boeing Test & Evaluation. 

"Kita perlu memastikan bahwa hal-hal seperti bahan bakar, oli, dan lainnya bekerja dengan baik selama maneuver," ujarnya.

Sepanjang rangkaian lebih dari selusin uji inverted, pilot membuktikan sistem bahan bakar yang dirancang Saab untuk T-7A bekerja efisien.

Pada September 2018, Angkatan Udara AS memberi Boeing kontrak senilai 9,2 miliar dolar AS untuk memasok pesawat latih T-7A Red-Hawk guna menggantikan armada T-38 yang sudah tua.

T-7A dirancang, dibangun, dan diterbangkan hanya dalam waktu 36 bulan menggunakan teknik desain dan manufaktur yang canggih. 

Pesawat natinya akan melatih pilot pesawat tempur masa depan dengan kokpit canggih, kontrol fly-by-wire digital dan sistem pelatihan berbasis darat yang terintegrasi.

Pesawat T-X pertama beserta simulator dijadwalkan tiba di Pangkalan Bersama San Antonio-Randolph, Texas, pada 2023. 

Semua pangkalan sekolah penerbang pada akhirnya akan beralih dari T-38 ke T-X. 

Pangkalan-pangkalan itu termasuk Pangkalan Angkatan Udara Columbus di Mississippi, Laughlin AFB di Texas, Sheppard AFB di Texas, dan Vance AFB di Oklahoma.

Angkatan Udara AS mengharapkan pesawat Boeing-Saab T-7A Red Hawk mencapai kemampuan operasional awal (IOC) pada 2024 dan kemampuan operasional penuh (FOC) pada 2034.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.