TEKNOLOGI

Pentagon Tolak Calon Prajurit AS Jika Miliki Riwayat Covid-19, Ini Aturannya!

Kamis, 07 Mei 2020 20:39
Penulis : Beny Adrian
Pentagon Tolak Calon Prajurit AS Jika Miliki Riwayat Covid-19, Ini Aturannya!

Sumber: US Army

Angkasa.news – Militer Amerika Serikat terdampak cukup hebat oleh pandemik virus corona. Dilaporkan bahwa lebih dari 4.000 tentara AS dinyatakan positif Covid-19. 


Sementara hampir 1.000 personel di kapal induk USS Theodore Roosevelt juga dikonfirmasi terinfeksi.

Karena itulah Pentagon mengeluarkan kebijakan baru terkait Covid-19. Kebijakan terkait penerimaan anggota baru.

Disebutkan bahwa setiap pelamar yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 akan dilarang mendaftar di militer AS, kecuali mereka mendapatkan pengabaian (waiver) dari satuan yang ingin dimasuki.

Menurut kebijakan ini, selama wawancara atau pemeriksaan riwayat medis terbukti memiliki Riwayat Covid-19 yang dikonfirmasi oleh tes laboratorium atau diagnosis dokter, secara permanen calon tadi didiskualifikasi. Begitu tertulis di memo US Military Entrance Processing Command (MEPCOM).

Dokumen Pentagon ini juga memuat panduan tata cara menangani kasus Covid-19 yang potensial dan dikonfirmasi, dimulai dengan pemeriksaan (screening) awal di 65 stasiun Military Entry Processing (MEPS).

Jika pelamar gagal dalam skrining awal maka ia tidak akan dites. Namun calon dapat kembali dalam 14 hari jika dinyatakan bebas dari gejala dan tidak memiliki diagnosis klinis. 

Siapa pun yang telah didiagnosis dengan Covid-19 harus menunggu selama 28 hari, setelah menerima konfirmasi, untuk melapor ke MEPS sesuai dengan arahan.

Di luar keputusan ini, militer AS tidak mengungkapkan sama sekali data tentang jumlah kasus virus corona yang dikonfirmasi di antara prajurit karena alasan keamanan.

Namun laporan tidak resmi menyebtukan ada lebih dari 4.000 tentara AS positif Covid-19. Sementara di Angkatan Laut AS mencatat 1.688 kasus yang dikonfirmasi dengan 8 kematian.



Komentar