TEKNOLOGI

Pengembangan F-16 Jadi Pesawat Nirawak yang Makin Nyata

Senin, 29 Juni 2020 13:00
Penulis : Remi
Pengembangan F-16 Jadi Pesawat Nirawak yang Makin Nyata

Kokpit QF-16 yang diuji terbang tanpa penerbang di dalam kokpit. Sumber: Boeing

Angkasa.news - Angkatan Udara AS (USAF) dan Boeing bakal menghidupkan kembali 32 unit pesawat F-16 lama dari kuburan pesawat di pangkalan Arizona untuk menjadi pesawat nirawak.


USAF sendiri sebenarnya telah memulai program modifikasi F-16 menjadi pesawat nirawak sejak 2010. Oleh Boeing, yang memenangkan kontrak untuk program ini, F-16 nirawak ini diberi kode QF-16.

USAF menargetkan, di tahun ini juga F-16 nirawak akan digunakan sebagai pesawat target dalam pengujian senjata di Teluk Meksiko. 


Namun target AS tak hanya menjadikan F-16 sebagai drone target. Di masa depan, jet tempur itu digadang-gadang bakal mengubah pola pertempuran udara.

Dalam program Skyborg, USAF merencanakan QF-16 bisa beroperasi di medan tempur setelah 2023.

Saat ini, tim riset dan pengembangan masih fokus dalam mengembangkan sistem kecerdasan buatan (AI) untuk drone Valkyrie yang memungkinkan mereka berkomunikasi dan beroperasi bersama-sama dengan jet F-35 yang berawak.

QF-16 di masa depan dapat digunakan, misalnya, sebagai pengumpan untuk mengalihkan perhatian dari pesawat musuh. 

Para ahli teknik penerbangan di AS sepakat bahwa sistem AI kelak akan mampu mengungguli kemampuan manusia.

Pesawat yang terbang secara penuh dengan kecerdasan buatan akan mampu membuat manuver-manuver yang tidak mungkin dilakukan manusia karena tanpa kehadiran manusia di kokpit maka tidak ada hambatan tekanan gravitasi selama struktur pesawat memungkinkan.

Tidak memiliki seseorang di kokpit akan membebaskan insinyur untuk membuat pesawat yang terlihat sangat berbeda. Dan, tanpa kehadiran manusia di kokpit, pesawat bisa menjadi lebih murah, karena pabrikan tidak harus membangun banyak sistem keselamatan dan redudansi yang diperlukan untuk menjaga pilot tetap aman.

Salah satu uji coba terbang F-16 versi nirawak.



Komentar