TEKNOLOGI

Nilainya 634 Juta Dolar, AS Setujui Pengajuan Modernisasi F-16 Angkatan Udara Chili

Minggu, 26 Juli 2020 10:48
Penulis : Beny Adrian
Nilainya 634 Juta Dolar, AS Setujui Pengajuan Modernisasi F-16 Angkatan Udara Chili

Sumber: santiagotimes.cl

Angkasa.news - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyetujui kemungkinan penjualan peralatan dan layanan terkait untuk melakukan modernisasi pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Angkatan Udara Chili. Perkiraan biaya mencapai 634,70 juta dolar AS.


Penjualan ini dijalankan di bawah program FMS. 

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA) yang mengawasi FMS, memberikan sertifikasi yang diperlukan untuk memberi tahu Kongres tentang kemungkinan penjualan ini.

Pemerintah Chili telah meminta untuk membeli peralatan dan layanan terkait untuk modernisasi F-16. 

Permintaan terdiri dari 19 Joint Helmet-Mounted Cueing Systems (JHMCS), enam badan bom inert MK-82 (500LB), dua MXU-650KB Air Foil Groups (AFG), 44 LN-260 Embedded GPS/ INS (EGI), dan 49 Multifunctional Information Distribution System Joint Tactical Radios (MIDS JTRS). 

Juga termasuk avionik dan peralatan Mode 5 dan upgrade perangkat lunak, integrasi, dan pengujian, radio ARC-238, Combined Altitude Radar Altimeters (CARA), pendukung Joint Mission Planning System (JMPS), Identification Friend or Foe (IFF) AN/APX-126 Combined Interrogator Transponders dan beberapa sistem lainnya.

Bertindak selaku kontraktor utama adalah Lockheed Martin.

Menurut DSCA, penjualan yang diusulkan ini akan mendukung tujuan kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat dengan meningkatkan keamanan mitra strategis di Amerika Selatan.

Pernyataan itu mengatakan bahwa penjualan ini akan meningkatkan kemampuan Chili untuk menjawab ancaman saat ini dan di masa depan dengan memodernisasi armada F-16.



Komentar