TEKNOLOGI

NATO Siap Sesuaikan Jumlah Pasukan di Afghanistan Jika Taliban Komitmen Berdamai

Minggu, 16 Februari 2020 14:25
Penulis : Beny Adrian
NATO Siap Sesuaikan Jumlah Pasukan di Afghanistan Jika Taliban Komitmen Berdamai

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Angkasa.news - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pada Jumat (14/2) bahwa, aliansi pertahanan itu siap untuk mempertimbangkan penyesuaian jumlah pasukannya di Afghanistan.

Stoltenberg mengatakan, penyesuaian dalam kondisi bahwa kelompok radikal Taliban mampu menunjukkan kemauan dan kemampuan untuk mengurangi kekerasan dan berkomitmen untuk perdamaian.

"NATO saat ini memiliki sekitar 16.000 tentara di Afghanistan, kami siap menyesuaikan kekuatan jika Taliban mampu menunjukkan kemauan dan kemampuan untuk mengurangi kekerasan, kita melihat jalan menuju perdamaian,” ungkap Stoltenberg.

Stoltenberg mengatakan kepada wartawan di sela-sela Konferensi Keamanan Munich bahwa, ia dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani untuk membahas cara-cara menemukan solusi damai yang dinegosiasikan untuk konflik di Afghanistan.

Kontingen NATO telah hadir di Afghanistan sejak 2003 sebagai bagian dari koalisi internasional yang diamanatkan PBB, dikenal sebagai Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF).

Pasukan ISAF ditugaskan untuk membantu pasukan nasional Afghanistan menjaga keamanan di tengah ancaman teroris, yang bagian terbesarnya berasal dari Taliban.

Pada 2015, ISAF yang sudah kadaluwarsa digantikan oleh Resolute Support Mission dengan mandat misi non-tempur untuk melatih, memberi nasihat dan membantu pasukan dan lembaga keamanan Afghanistan.

Untuk mendapatkan pengakuan, Taliban memimpin pemberontakan melawan pemerintah Afghanistan sejak awal 2000-an. 



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.