TEKNOLOGI

Mulai Lirik Ruang Angkasa, Jepang Bentuk Space Operations Squadron Pertama

Senin, 18 Mei 2020 21:46
Penulis : Beny Adrian
Mulai Lirik Ruang Angkasa, Jepang Bentuk Space Operations Squadron Pertama

The JASDF set up Japan’s first ‘Space Operations Squadron’ in a ceremony held on 18 May at the Ministry of Defense (MoD) in Tokyo.

Angkasa.news – Mulai berorientasi luar angkasa, Pasukan Bela Diri Udara Jepang (JASDF) secara resmi membentuk Space Operations Squadron atau Skadron Ruang Angkasa pertama.


Pembentukan dikukuhkan dalam sebuah upacara yang diadakan di Kementerian Pertahanan di Tokyo (18/5). 

Juru bicara militer Jepang mengatakan bahwa Skadron Ruang Angkasa yang berbasis di Fuchu Air Base di Tokyo barat itu, diperkuat sekitar 20 personel. Jumlah personel diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 100 di masa depan.

Space Operations Squadron melakukan pelatihan personel dan perencanaan sistem bekerja sama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dan pasukan Amerika Serikat.

Nantinya Skadron akan bertugas mengoperasikan sistem pengawasan ruang angkasa yang dirancang untuk melacak puing-puing ruang angkasa dan posisi satelit dalam rangka menghindari tabrakan di ruang angkasa.

Sistem operasi Skadron yang mencakup jaringan radar darat, telah dirancang untuk memantau aktivitas satelit negara-negara yang mungkin berupaya mengganggu operasi satelit Jepang dan AS melalui, misalnya, penggunaan rudal antisatelit, iradiasi laser, pengacakan komunikasi atau satelit pembunuh (killer satellites).

Langkah pembentukan Skadron dilakukan setelah Kementerian Pertahanan menerima anggaran 472 juta dolar AS pada tahun fiskal saat ini untuk dibelanjakan pada kegiatan dan program pertahanan terkait ruang angkasa.

Termasuk pembentukan apa yang disebut sebagai Space Domain Planning Section di C4 Systems Department dari Joint Staff Staf di Tokyo guna memfasilitasi operasi bersama di luar angkasa.

Selain itu, pada 2019, Kementerian Pertahanan Jepang mulai membuat sistem kewaspadaan situasional ruang angkasa (SSA) di bekas situs Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) Sanyo yang menerima markas di Prefektur Yamaguchi.



Komentar