TEKNOLOGI

Mohon Perhatian! Korea Selatan Akan Bangun KF-X/IFX Pada Paruh Pertama 2021

Kamis, 26 September 2019 20:20
Penulis : Beny Adrian
Mohon Perhatian! Korea Selatan Akan Bangun KF-X/IFX Pada Paruh Pertama 2021

Desain pesawat tempur KFX/IFX.

Angkasa.news - Korea Aerospace Industries (KAI) memperkirakan akan menyelesaikan pembuatan pesawat prototipe pertama KF-X/IF-X pada paruh pertama 2021. Setelah itu disusul rencana melaksanakan uji terbang pertama di akhir tahun yang sama.

Rencana ini disampaikan Defence Acquisition Programme Administration (DAPA) Korea Selatan sebagaimana dikutip janes.com (26/9).


Menurut DAPA, fase  desain kritis pesawat telah dilewati sehingga memungkinkan proyek KF-X/IF-X  yang digawangi bersama oleh Korea Selatan dan Indonesia memasuki tahap selanjut yaitu: pembuatan prototie.

Pengembangan pesawat kursi tunggal, bermesin ganda ini dimulai Januari 2016 dengan desain awal KF-X diselesaikan pada Juni 2018.

Biaya proyek strategis ini dipatok pada 7,3 miliar dolar AS sejak Januari 2016. Pesawat tempur baru ini akan menggantikan armada tua F-4 dan F-5 yang dioperasikan Angkatan Udara Korea.

Pesawat semi-stealth generasi 4,5 ini dikembangkan bersama oleh Korea dalam kemitraan dengan Indonesia.

IFX dan KFX adalah proyek pengembangan pesawat tempur generasi 4,5 yang digawangi Korea Selatan. Pada 2009, Indonesia menyatakan minat untuk terlibat, yang ditandai dengan penandatangan letter of intent (LoI).

Melalui proyek KFX (Korean Fighter Experimental) dan IFX (Indonesian Fighter Experimental), akan diproduksi 168 pesawat dengan rincian 120 unit untuk Korsel dan Indonesia diperkirakan 48 unit. Produksi massal rencananya dimulai 2026.

Pada 15 Juli 2010, pemerintah Indonesia setuju untuk mendanai 20% proyek KFX dengan imbalan sekitar 50 pesawat untuk TNI AU.

September 2010, Indonesia mengirimkan tim ahli hukum dan ahli penerbangan ke Korea Selatan untuk membahas masalah hak cipta.



Komentar