TEKNOLOGI

Leonardo Kebut Operasional Pesawat VTOL AW609 untuk Komersial

Senin, 30 Maret 2020 15:00
Penulis : Remi
Leonardo Kebut Operasional Pesawat VTOL AW609 untuk Komersial

Sumber: Instagram/@leonardo_company

Angkasa.news - Leonardo Company tengah mengejar operasional dari pesawat berkemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal (VTOL) AW609. Saat ini, perusahaan tengah dalam persiapan akhir sertifikasi pesawat itu.

Pesawat komersial dengan desain VTOL ini digadang-gadang bakal menjadi pesawat VTOL pertama yang dijual bebas untuk kebutuhan sipil. Selama ini, pesawat VTOL hanya digunakan untuk kebutuhan angkut pasukan lewat pesawat V-22 Osprey.


AW609 sendiri konon menggunakan basis desain Osprey yang disesuaikan dengan kebutuhan komersial. Dengan kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal, AW609 mampu beroperasi hampir di semua tempat tanpa landasan. Setelah mengudara, AW609 berubah menjadi pesawat standar dengan menyesuaikan arah rotornya dan bergerak dengan kecepatan lebih tinggi dan ketinggian lebih tinggi daripada helikopter.

Dalam spesifikasi teknisnya, AW609 digerakkan dengan menggunakan mesin  Pratt & Whitney PT6C-67A yang mampu melaju hingga 509 km/jam selama tiga jam non stop. Sekali terbang, pesawat ini mampu mengangkut hingga 9 penumpang atau 2,5 ton barang. Walau belum diproduksi massal, namun Leonardo Company mengklaim pihaknya telah mendapatkan beberapa pesanan dari perusahaan migas kelas dunia. 



Komentar