TEKNOLOGI

Kejar Penjualan ke AL AS, Boeing Tuntaskan Uji Super Hornet Block III

Jumat, 15 Mei 2020 11:15
Penulis : Remi
Kejar Penjualan ke AL AS, Boeing Tuntaskan Uji Super Hornet Block III

Sumber: Boeing

Angkasa.news -  Boeing resmi meluncurkan jet uji F/A-18 Super Hornet Block III pertama di fasilitas produksi St. Louis, Missouri, AS pada 8 Mei 2020 lalu.

Ini merupakan unit pertama dari dua pesawat uji F/A-18 Block III yang kelak akan dioperasikan oleh Angkatan Laut AS.

Sesuai rencana, Angkatan Laut AS akan menggunakan jet ini untuk beroperasi dari kapal induk. Peningkatan kemampuan pada block III mencakup tampilan layar sentuh baru yang masing-masing berukuran 19 inci dan sistem kokpit yang lebih canggih.


Setelah menjalani pengujian di fasilitas produksi, Boeing akan mengirimkan dua jet uji itu ke kapal induk untuk melakukan uji operasional dalam beberapa minggu mendatang.

Boeing sendiri telah menerima kontrak sebesar 4 Miliar dolar AS pada bulan Maret tahun lalu untuk pengadaan 78 unit F/A-18 Super Hornet Block III. Sebanyak 61 unit di antaranya berkursi tunggal dan 17 unit berkursi ganda. Targetnya, seluruh pesanan akan diterima pada 2024.

Konfigurasi Super Hornet Block III memiliki kemampuan jaringan yang ditingkatkan, jangkauan tempur yang lebih panjang, dan jejak radar yang diklaim paling sedikit dari seluruh varian F/A-18. 

Untuk mengejar produksi tahun ini, Boeing menggunakan platform dasar Super Hornets Block II. Masa pakai juga diperpanjang dari 6.000 jam menjadi 10.000 jam.

Selain peningkatan kemampuan di sisi kokpit, Super Hornet Block III juga memiliki tangki bahan bakar konformal yang dipasang di bahu untuk mengurangi daya hambat pesawat.

Mereka dapat membawa 1.587 kg bahan bakar tambahan.  Dengan desain baru ini, pesawat diklaim mampu beroperasi lebih lama, lebih cepat dan membawa lebih banyak muatan.



Komentar