TEKNOLOGI

Kapal Perang India Ini Patroli 80 Hari di Teluk Aden Tanpa Sekalipun Berlabuh 

Jumat, 22 Mei 2020 20:32
Penulis : Beny Adrian
Kapal Perang India Ini Patroli 80 Hari di Teluk Aden Tanpa Sekalipun Berlabuh 

INS Sunayna (P57) tiba Kochi. Sumber: Indian Navy

Angkasa.news - Kapal Patroli Lepas Pantai kelas Saryu milik Angkatan Laut India, INS Sunayna (P57) telah kembali ke Kochi setelah menyelesaikan patroli antipembajakan selama 80 hari di Teluk Aden tanpa sekalipun masuk pelabuhan.


Kapal dikerahkan di wilayah Teluk Aden untuk melakukan operasi keamanan maritim dan meyakinkan kapal-kapal berbendera India untuk melewati daerah tersebut. 

Selama penempatan, INS Sunayna (P57) rupanya mendapat pasokan logistik dari kapal Angkatan Laut AS dan tanker pengisian ulang milik Angkatan Laut India.

INS Sunayna adalah Kapal Patrol Offshore (NOPV) kelas Saryu yang dirancang dan dibangun sendiri oleh Angkatan Laut India. Kapal ditugaskan ke armada Angkatan Laut pada 15 Oktober 2013.

Dengan panjang keseluruhan 105 meter, lebar 12,9 meter, dan kapasitas standar 2.300 ton, kapal ini mampu melaju lebih dari 25 knot. Kapal memiliki awak 8 perwira dan 108 pelaut.

Kapal ini dirancang untuk melakukan operasi dukungan armada, patroli pantai dan lepas pantai, pengawasan laut dan pemantauan Garis Komunikasi Laut (Sea Lines of Communication) serta aset lepas pantai dan tugas pengawalan.



Komentar