TEKNOLOGI

Jalani Pemeliharaan di Jerman, Angkatan Udara Nigeria Terima Kembali ATR-42

Minggu, 05 Juli 2020 15:35
Penulis : Beny Adrian
Jalani Pemeliharaan di Jerman, Angkatan Udara Nigeria Terima Kembali ATR-42

Pesawat ATR 42 Angkatan Udara Nigeria. Sumber: NAF

Angkasa.news - Angkatan Udara Nigeria (NAF) menerima pengiriman pesawat ATR 42 yang diaktifkan kembali dalam sebuah upacara di Abuja (3/7).


Pesawat dengan registrasi NAF 930 itu diterima di 307 Executive Airlift Group di Bandara Internasional Nnamdi Azikiwe di Abuja oleh Kepala Kebijakan dan Rencana, Marsekal Muda Oladayo Amao atas nama KSAU Marsekal Sadique Abubakar yang itu di Timur Laut untuk mengawasi operasi LONG REACH II.

Pengaktifan kembali pesawat ini berhasil dilakukan di fasilitas Rheinland Air Service (RAS) di Monchengladbach, Jerman setelah mencapai 5.000 jam operasi. 

Upacara penerimaan pesawat awalnya dijadwalkan akan selesai dalam waktu 6 bulan. Namun karena efek pandemi Covid-19, waktu penyelesaian diperpanjang 3 bulan.

Menurut Angkatan Udara Nigeria, pengaktifan kembali akan memastikan ketersediaan platform Intelijen, Pengawasan dan Pengintaian (ISR) yang lebih bermanfaat untuk berbagai misi seperti operasi antigerilya (COIN).

Selama lima tahun terakhir, NAF yang bekerja sama dengan mitra teknisnya, telah berhasil mengaktifkan beberapa pesawat di dalam negeri. 

Termasuk melakukan Perawatan Depot Berkala (PDM) pada dua pesawat angkut C-130H Hercules serta upgrade PDM/ avionik dari tiga pesawat serang ringan Alpha Jet. 

Namun ini adalah PDM pertama untuk pesawat ATR 42 setelah 10 tahun beroperasi.



Komentar