TEKNOLOGI

Iron Dome, Tabir Rudal Israel yang Selalu Dipercanggih dan Diujicoba

Selasa, 14 Januari 2020 17:30
Penulis : Beny Adrian
Iron Dome, Tabir Rudal Israel yang Selalu Dipercanggih dan Diujicoba

Sistem hanud Iron Dome. Sumber: wikipedia

Angkasa.news - Kementerian Pertahanan Israel mengumumkan pada 12 Januari bahwa serangkaian uji coba dari sistem pertahanan udara Iron Dome telah berhasil diselesaikan.

Tes intersepsi menggunakan amunisi sebenarnya dipimpin oleh pabrikan Rafael dilakukan di medan penembakan di di Israel selatan.

“Pengujian menunjukkan kemampuan versi canggih sistem Iron Dome dalam berbagai skenario yang disimulasikan ancaman masa depan yang mungkin akan dihadapi,” kata Kemhan Israel tanpa menjelaskan bagaimana sistem telah ditingkatkan atau menggambarkan ancaman di masa depan. Disebutkan bahwa sistem Iron Dome canggih ini akan dikirim ke Angkatan Udara Israel.

Iron Dome awalnya dioptimalkan untuk mencegat roket artileri yang diluncurkan ke Israel oleh militan Palestina dan kelompok Hizbullah di Lebanon.

Iron Dome dikembangkan oleh industri persenjataan Israel, Rafael Advance Defence System. Sistem hanud ini menunjukkan mulai digelar pada 27 Maret 2011 di Bersheba, Israel selatan.

Dilaporkan bahwa setahun setelah dioperasikan, Iron Dome sudah berhasil mencegat 93 roket. Setidaknya tiga kota dijaga sistem hanud ini yaitu Sderot, Gush Dan, Ashdod, dan Tel Aviv. Tingkat keberhasilan Iron Dome dikatakan mencapai 80-90%.

Iron Dome terdiri dari sistem rudal pencegat Tamir, sistem manajemen pertempuran, dan sistem radar deteksi.



Komentar