TEKNOLOGI

Ini Baru Hebat, Pesawat Tempur Buatan India Berhasil Take Off dari Kapal Induk

Senin, 13 Januari 2020 18:00
Penulis : Beny Adrian
Ini Baru Hebat, Pesawat Tempur Buatan India Berhasil Take Off dari Kapal Induk

Sumber: Indian Navy

Angkasa.news - Varian angkatan laut dari pesawat tempur India LCA (Light Combat Aircraft) telah melakukan lepas landas perdana dari satu-satunya kapal induk operasional Angkatan Laut India, INS Vikramaditya pada 12 Januari.

Pada 11 Januari, LCA melakukan pendaratan pertama di kapal induk dengan Komodor Jaideep Maolankar di kontrol. Peluncuran perdana juga dilakukan oleh Komodor Maolankar.

LCA MK1 (Angkatan Laut) tidak akan dioperasikan oleh Angkatan Laut, namun diharapkan akan digunakan sebagai pesawat peraga (Technology Demonstrator) untuk membuktikan teknologi khusus dalam pengoperasian operasi di kapal induk.

“Dengan selesainya uji coba ini, teknologi ceruk yang dikembangkan sendiri khusus untuk operasi tempur berbasis di dek telah terbukti yang sekarang akan membuka jalan untuk mengembangkan dan memproduksi Twin Engine Deck Based Fighter (TEDBF) untuk Angkatan Laut India, yang diharapkan terbang dari kapal induk pada 2026,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan India.

TEDBF adalah konsep pesawat tempur bermesin ganda yang diusulkan dapat memenuhi kebutuhan Angkatan Laut. Dilaporkan pesawat dikembangkan dari bermesin tunggal Tejas.

Sebelum pendaratan kapal induk, pesawat LCA (N) telah menyelesaikan uji coba ekstensif di Shore Based Test Facility (SBTF) di INS Hansa, sebuah stasiun udara angkatan laut India yang terletak di dekat Dabolim di Goa.

SBTF awalnya digunakan untuk melatih dan menyertifikasi penerbang tempur Angkatan Laut India yang membawa pesawat MiG-29K untuk INS Vikramaditya dan kemudian digunakan untuk uji coba pengembangan HAL Tejas angkatan laut.

Varian angkatan laut telah melakukan penerbangan perdana dengan tailhook terpasang pada Juli 2018. Sebulan kemudian melakukan uji coba pendaratan untuk membuktikan sistem kait penahannya.

Pada 13 September 2018, pesawat melakukan pendaratan pertamanya di SBTF. Pendaratan  malam pertama dilakukan di fasilitas yang sama pada 12 November.

LCA Navy adalah upaya India membangun pesawat tempur yang beroperasi di kapal induk.

Pesawat ini merupakan varian yang dikembangkan dari HAL Tejas yang dirancang Aeronautical Development Agency (ADA) dan Hindustan Aeronautics Limited (HAL).

Sementara varian berbasis kapal induk ini telah mendapat penguatan airframe dan roda pendarat. Bagian hidung dibuat lebih rendah untuk penglihatan kokpit lebih baik selama lepas landas dan mendarat di kapal induk.

Prototipe Naval Tejas, NP1 & NP2 menggunakan mesin General Electric F404-GE-F2J3 untuk tujuan pengujian.



Komentar