TEKNOLOGI

Ilmuwan Hong Kong Temukan, Virus Corona Hanya Bertahan 3 Jam Di Atas Kertas

Senin, 30 Maret 2020 20:00
Penulis : Beny Adrian
Ilmuwan Hong Kong Temukan, Virus Corona Hanya Bertahan 3 Jam Di Atas Kertas

Sumber: connachttribune.ie

Angkasa.news – Para ilmuwan di Universitas Hong Kong telah memberikan harapan baru kepada upaya dunia melawan virus corona (Covid-19). 


Menurut hasil penelitian ini, virus corona ditemukan paling aktif pada suhu sekitar empat derajat Celcius dan menjadi jauh lebih lemah pada suhu tinggi.

Menurut para ahli Hong Kong seperti dikutip TASS, virus ini sangat stabil pada suhu empat derajat, tetapi sensitif terhadap panas. Laporan ini diunggah ke portal penelitian medis medrxiv.org

Pada suhu empat derajat, virus ini bisa bertahan selama lebih dari dua minggu. Namun pada suhu 70 derajat virus corona bisa mati dalam lima menit.

Menurut tabel yang disajikan dalam laporan, pada suhu 22 derajat, virus corona tetap aktif setidaknya selama seminggu. Pada suhu 37 derajat tidak lebih dari dua hari, dan pada suhu 56 derajat umurnya kurang dari 30 menit.

Selain itu, para ilmuwan menyelidiki kelangsungan hidup virus pada berbagai permukaan. 

Mereka menemukan bahwa virus ini dapat bertahan di permukaan luar masker medis tidak kurang dari seminggu. Itupun pada suhu kamar dan kelembaban 65 persen.

Sementara di atas kertas, virus corona bertahan kurang dari tiga jam. Lalu pada bahan kayu dan kain, tidak lebih dari dua hari. Sedangkan pada kaca, kurang dari empat hari dan pada stainless steel dan plastik tidak lebih dari seminggu.

Semoga semua upaya yang tengah dilakukan para ahli terkait virus corona, bisa segera menjawab pertanyaan yang ditunggu miliaran umat manusia di muka Bumi. 



Komentar