TEKNOLOGI

Gara-Gara 'Ciara', British Airways Pecahkan Rekor Kecepatan Terbang

Selasa, 11 Februari 2020 15:00
Penulis : Remi
Gara-Gara 'Ciara', British Airways Pecahkan Rekor Kecepatan Terbang

Sumber: Runway Girl

Angkasa.news -  Sebuah pesawat Boeing 747-400 milik British Airways "diuntungkan" oleh arus angin kuat transatlantik dari Badai Ciara. Berkat Ciara, pesawat itu berhasil mencetak rekor kecepatan subsonik baru untuk penerbangan New York-London.

Pesawat dengan registrasi G-CIVP itu terbang pada tanggal 8 dan 9 Februari 2020 dari Bandara John F. Kennedy New York ke Bandarak Heathrow London. Melintasi Samudera Atlantik, penerbangan dengan nomor BA112 itu cuma membutuhkan waktu 4 jam 56 menit untuk mendarat di London.


Menurut data di aplikasi pelacakan penerbangan Flightradar 24, waktu tempuh British Airways itu lebih cepat 1 jam 20 menit dari jadwal sebenarnya.

Rekor subsonik sebelumnya dicetak oleh Boeing 787-9 milik Norwegian Air Shuttle yang terbang dari New York ke London dengan waktu 5 jam 13 menit.

Arus angin yang kuat, atau biasa disebut jetstream, pada 8 dan 9 Februari lalu mempengaruhi kecepatan terbang beberapa pesawat lainnya. Virgin Atlantic dengan Airbus A350-1000 tercatat hanya 1 menit lebih lambat dari pesawat British Airways. 

 



Komentar