TEKNOLOGI

F-16 Angkatan Udara Belgia Cegat Pesawat Rusia yang Terbang Dekat Wilayah Udara Sekutu

Sabtu, 28 Maret 2020 20:07
Penulis : Beny Adrian
F-16 Angkatan Udara Belgia Cegat Pesawat Rusia yang Terbang Dekat Wilayah Udara Sekutu

Sumber: Belgian Air Force

Angkasa.news – Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Angkatan Udara Belgia yang merupakan bagian dari kepolisian udara NATO di wilayah Laut Baltik, mencegat sebuah pesawat angkut militer Rusia yang terbang dekat dengan wilayah udara Sekutu (26/3).


NATO dalam sebuah pernyataan mengatakab bahwa pesawat Rusia dicegat setelah “gagal menghormati norma keselamatan internasional". 

Pencegatan ini, yang ketiga dalam beberapa hari terakhir, terjadi di atas Laut Baltik. Peristiwa terjadi ketika militer di seluruh Aliansi tengah mengatasi krisis virus corona.

“Karena angkatan bersenjata Sekutu tengah membantu menyelamatkan nyawa dalam perang melawan virus, kemampuan NATO untuk melakukan operasi tidak surut. Pasukan tetap siap, dan pekerjaan penting terus berlanjut, di udara, laut, dan di semua domain lainnya,” kata juru bicara NATO Oana Lungescu.

Aktivitas udara terjadi setelah angkatan laut NATO membayangi tujuh kapal perang Rusia di Laut Utara.

Sementara kapal-kapal angkatan laut Rusia umumnya transit melalui Selat Inggris dalam perjalanan antara High North dan Laut Mediterania. Pada kesempatan ini kapal Rusia tetap di Laut Utara selama beberapa hari. 

Angkatan Laut Inggris dan angkatan laut Sekutu memantau kapal-kapal Rusia yang terdiri dari dua frigat, tiga korvet, dan dua kapal pendarat.

Akhir pekan ini dimulainya latihan maritim yang dipimpin Inggris di lepas pantai barat laut Skotlandia.

Latihan gabungan dua tahunan ini juga melibatkan AS, Jerman, Denmark, Norwegia, dan Standing Maritime Group One (SNMG1) NATO. Latihan akan berlangsung dari Sabtu, 28 Maret hingga 10 April.



Komentar