TEKNOLOGI

Diterima Akhir Tahun Lalu, USAF Memulai Uji Operasional MH-139A Grey Wolf

Minggu, 23 Februari 2020 12:20
Penulis : Beny Adrian
Diterima Akhir Tahun Lalu, USAF Memulai Uji Operasional MH-139A Grey Wolf

Helikopter MH-139 Grey Wolf. Sumber: USAF

Angkasa.news - Angkatan Udara AS (USAF) telah memulai pengujian operasional helikopter Boeing MH-139A Grey Wolf, sebelum kedatangan tipe itu ke dalam unit operasional pada akhir Desember lalu.

AU AS mengumumkan pada 19 Februari bahwa Skadron Uji Penerbangan (FTS) ke-413 dari Komando Materiil Angkatan Udara, menerbangkan helikopter pertama yang diuji secara bersama uji oleh Boeing-USAF delapan hari sebelum 11 Februari.

“Dengan komando pilot Boeing, penerbangan uji ini memungkinkan AU AS melihat kemampuan pesawat.

Penerbangan ini juga menjadikan Mayor Zach Roycroft, pilot uji terbang Skadron Uji Penerbangan ke-413 memimpin pilot uji untuk program tersebut, pilot Angkatan Udara pertama yang menerbangkan Grey Wolf,” bunyi rilis.

Seperti dicatat oleh USAF, penerbangan pertama dengan Boeing ini merupakan langkah penting untuk program MH-139A, dan memungkinkannya untuk melaksanakan tahap selanjutnya yaitu pengujian pemerintah. 

Program MH-139A harus menyelesaikan pengujian darat militer awal akhir bulan ini.

Meskipun lokasi penerbangan tidak diungkapkan, sebelumnya USAF telah mengatakan bahwa FTS ke-413 sebagai satu-satunya unit uji helikopter khusus USAF, akan bekerja dengan Detachment 7 di Duke Field di Florida. 

Unit-unit ini nantinya akan pindah ke Malmstrom Air Force Base, Montana, untuk melakukan pengujian dan evaluasi tambahan terhadap pesawat.

Pada 24 September 2018, Angkatan Udara AS mengumumkan bahwa MH-139 (varian AW139), memenangkan kontrak untuk menggantikan armada era Perang Vietnam Bell-UH-1N Twin Huey.

AU AS membeli 84 MH-139 dengan pengiriman akan dimulai pada tahun anggaran 2021. AU AS menerima helikopter MH-139A Grey Wolf pertama di Eglin Air Force Base pada 19 Desember 2019.

MH-139 Grey Wolf merupakan versi militer helikopter AW139 yang dibuat Leonardo di Philadelphia, Pennsylvania. Untuk kepentingan militer AS, komponen khususnya dipasok oleh Boeing.

Helikopter AW-139 banyak digunakan untuk kepentingan SAR termasuk oleh Basarnas di Indonesia. 



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.