TEKNOLOGI

Dinantikan Pecinta Militer, Kapal Induk Kedua China Masuki Tahap Akhir Uji Coba Laut

Kamis, 17 Oktober 2019 20:25
Penulis : Beny Adrian
Dinantikan Pecinta Militer, Kapal Induk Kedua China Masuki Tahap Akhir Uji Coba Laut

Kapal induk kedua China, Type 001A. Sumber: reddit

Angkasa.news - Kapal induk kedua China dan yang pertama dibangun di dalam negeri, tampaknya telah memulai uji coba laut kedelapan.

Pengamat militer memperkirakan kapal itu kemungkinan akan memasuki dinas militer tahun ini, meskipun fase uji coba lebih lama dibanding kapal induk pertama negara itu, Liaoning.

Kapal induk Type 001A berangkat pada Selasa (15/10) pagi dari Galangan Kapal Dalian di Provinsi Liaoning, China Timur Laut. Dugaan dibuat berdasarkan beberapa foto tak terverifikasi yang muncul di media sosial China.

Pemberitahuan pembatasan navigasi yang dikeluarkan Administrasi Keselamatan Maritim China pada Sabtu mengatakan, misi militer dijadwalkan dari Senin malam hingga 22 Oktober di Laut Bohai.

Imbauan ini membuat pengamat militer yakin bahwa kapal induk itu sedang dalam uji coba laut.

Jika benar, ini adalah uji coba laut kedelapan untuk kapal induk Type 001A. uji coba ketujuh yang diyakini dilaksanakan pada awal Agustus.

Li Jie, pakar angkatan laut di Beijing mengatakan kepada Global Times seperti dikutip sputniknews, kemungkinan uji coba laut kedelapan untuk memeriksa apakah kapal siap untuk pengiriman akhir.

Fase uji coba Type 001A telah memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan pengamat.

Kapal induk ini memulai uji coba laut pertamanya pada Mei 2018, sekitar 17 bulan lalu. Sebagai perbandingan, kapal induk pertama China, Liaoning, menjalani 10 tahap uji coba laut dalam 13 bulan sebelum penugasan.

Tidak seperti Liaoning, Type 001A dikembangkan di dalam negeri sehingga tindakan pencegahan ekstra diambil selama pengembangannya.

Li mengatakan bahwa tindakan terbaik adalah menyelesaikan semua masalah sebelum kapal bergabung dengan dinas aktif.

Pecinta militer China berharap uji coba laut ini akan menjadi yang terakhir, sehingga nama resmi kapal segera terungkap.

Para ahli memperkirakan kapal induk ini kemungkinan akan ditugaskan ke Angkatan Laut China pada tahun ini.



Komentar