TEKNOLOGI

Dibantu Rusia, Iran Akan Kirim Astronot Pertama ke Luar Angkasa

Rabu, 05 Februari 2020 10:46
Penulis : Beny Adrian
Dibantu Rusia, Iran Akan Kirim Astronot Pertama ke Luar Angkasa

Tempat peluncuran Safir membawa satelit Rasad di Iran. Sumber: ©Vahid Reza Alaei/ spacewatch.global

Angkasa.news - Iran telah mulai mengembangkan kapsul ruang angkasa dengan tujuan mengirim astronot ke luar angkasa secara mandiri. Ambisi hebat ini disampaikan Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi Iran, Mohammad-Javad Azari Jahromi.

"Hari ini kami siap mengumumkannya. Hari ini kami telah mengarahkan pusat penelitian dari Kementerian Ilmu Pengetahuan untuk membuat lima kapsul ruang angkasa dalam tiga tahun ke depan untuk mengantarkan seseorang ke orbit 190 kilometer,” ungkap Jahromi pada forum Selasa, seperti dikutip Kantor Berita Iran Students News Agency (ISNA).

Pada Januari, Jahromi mengatakan bahwa Iran telah menyiapkan enam satelit untuk diluncurkan ke luar angkasa. 

Pada Oktober tahun lalu, menteri mengatakan bahwa Iran berencana meluncurkan satelit baru ke orbit Bumi pada akhir tahun kalender Iran saat ini, yang jatuh pada 19 Maret.

Sebelumnya, menteri menyatakan bahwa Iran berencana mengirim astronot ke luar angkasa tetapi diperlukan bantuan dari negara lain untuk melakukannya. 

Jahromi menyebut Rusia khususnya sebagai salah satu negara di mana Iran ingin mengadakan pembicaraan mengenai bantuan dalam mengirim astronot Iran ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).



Komentar