TEKNOLOGI

Di Tengah Perang Lawan Virus Corona, India Justru Sukses Gelar Terbang Perdana Tejas LCA

Rabu, 18 Maret 2020 12:46
Penulis : Beny Adrian
Di Tengah Perang Lawan Virus Corona, India Justru Sukses Gelar Terbang Perdana Tejas LCA

Pesawat tempur HAL Tejas. Sumber: HAL

Angkasa.news - Pesawat tempur ringan (LCA) Tejas pertama dengan standar Full Operational Clearance (FOC), sukses melaksanakan penerbangan perdana pada 17 Maret, seperti diungkap Hindustan Aeronautics Limited (HAL).

Pesawat lepas landas dari Bandara HAL di Bengalor pada pukul 12.30 untuk menjalani penerbangan selama 40 menit. 

Bertindak sebagai pilot uji dalam penerbangan perdana ini adalah chief test pilot Air Cmde. K. A. Muthana yang sudah purnawirawan.

Tejas MK I LCA menerima FOC pada 20 Februari 2019. Pesawat standar FOC ini dilengkapi fitur seperti kemampuan pengisian bahan bakar di udara, rudal beyond visual range (BVR) dan sebagainya.

Initial Operational Clearance atau Izin Operasi Awal (IOC) dari pesawat terjadi pada 2013 dan pesawat standar IOC diresmikan ke dalam Skadron No. 45 “Flying Daggers” Angkatan Udara India pada Juli 2016. 

Fitur dan kemampuan baru pada pesawat standar FOC ditambahkan setelah umpan balik operasional dari Angkatan Udara India setelah mengoperasikan armada LCA standar IOC-nya.

Menurut HAL, total 16 pesawat standar FOC akan dikirim ke AU India. Dua yang pertama akan dikirim tahun ini, dan sisanya April 2021.

HAL Tejas adalah pesawat tempur bermesin tunggal yang dikembangkan Aeronautical Development Agency (ADA) dan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) untuk Angkatan Udara India dan Angkatan Laut India. 

Pesawat ini adalah yang terkecil dan teringan di kelasnya dari pesawat tempur supersonik kontemporer.

Pesawat dikembangkan di bawah program Light Combat Aircraft (LCA), yang dimulai pada 1980-an untuk menggantikan pesawat tempur Soviet MiG-21 India. Pada 2003, LCA secara resmi bernama Tejas. Pesawat tempur Tejas memiliki konfigurasi sayap delta.

Pada 2019, jumlah Tejas yang direncanakan dalam inventaris Angkatan Udara India adalah 324 pesawat dari beberapa varian. 

Batch pertama terdiri dari 40 pesawat Mark 1, 16 standar IOC (sudah dikirim), dan 16 standar FOC diikuti delapan versi latih. Selanjutnya 83 pesawat lagi harus ditingkatkan ke standar Mark 1A.



Komentar