TEKNOLOGI

Dengan Sejumlah Pembaruan, Saab Gripen E Brazil Sukses Jalani Terbang Perdana

Rabu, 28 Agustus 2019 19:45
Penulis : Beny Adrian
Dengan Sejumlah Pembaruan, Saab Gripen E Brazil Sukses Jalani Terbang Perdana

Saab JAS-39 Gripen E Brazil. Sumber: Saab

Angkasa.news - Pesawat tempur pertama Saab JAS-39 Gripen E yang dibuat berdasarkan pesanaan Brazil dan diberi kode 39-6001, berhasil melaksanakan penerbangan perdana pada 26 Agustus 2019.

Penerbangan dilaksanakan siang hari puluk 02.41 dengan penerbang pilot uji Richard Ljungberg yang lepas landas dari Linköping, Swedia.  

Penerbangan dilaksanakan selama 65 menit dengan menguji sejumlah parameter termasuk memastikan basic handling dan kualitas penerbangan pada kecepatan dan ketinggian berbeda.

Intinya adalah memverifikasi bahwa performa pesawat sesuai dengan yang diharapkan.

“Tonggak sejarah ini merupakan bukti kemitraan hebat antara Swedia dan Brazil. Kurang dari lima tahun sejak kontrak ditandatangani, Gripen Brazil pertama telah melakukan penerbangan pertamanya,” kata Håkan Buskhe, Presiden dan CEO Saab.

Pesawat ini adalah pesanan Brazil pertama dan akan digunakan dalam program uji bersama sebagai pesawat uji.

Perbedaan utama dibanding pesawat uji sebelumnya adalah bahwa 39-6001 memiliki tata letak kokpit yang sama sekali baru, dengan Wide Area Display (WAD), dua Head Down Display (HDD) kecil dan Head Up Display (HUD) baru.

Perbedaan utama lainnya adalah sistem kontrol penerbangan yang diperbarui untuk Gripen E. Juga  mencakup modifikasi baik dalam perangkat keras maupun perangkat lunak.

“Bagi saya sebagai pilot, merupakan kehormatan besar menerbangkan Gripen E Brazil pertama, karena saya tahu betapa berartinya ini bagi Angkatan Udara Brazil dan semua orang di Saab. Penerbangannya mulus dan pesawatnya sesuai yang diinginkan. Ini juga pertama kalinya kami terbang dengan Wide Area Display di kokpit,” ungkap pilot uji Saab, Richard Ljungberg.

Pesawat 39-6001 akan bergabung dengan program pengujian untuk melihat kemampuan lanjutannya serta pengujian sistem dan sensor taktis.

39-6001 akan diberi kode F-39 di Angkatan Udara Brazil dengan nomor ekor 4100.



Komentar