TEKNOLOGI

China Kembali Ungkap Drone Siluman Masa Depan untuk Kapal Induk Mereka

Kamis, 11 Juli 2019 14:00
Penulis : Remi
China Kembali Ungkap Drone Siluman Masa Depan untuk Kapal Induk Mereka

Sumber: Screeshot

Angkasa.news - Pabrikan jet tempur asal China, Shenyang Aircraft Corporation, memperkenalkan sebuah konsep drone yang mereka sebut sebagai drone kapal induk.

Untuk menandai peringatan 50 tahun penerbangan perdana Shenyang J-8, perusahaan milik pemerintah China itu merilis video promosi yang menyoroti pencapaiannya di masa lalu dan memberikan pandangan ke masa depan.

Di bagian akhir video, yang beralih dari film dokumenter ke ilustrasi masa depan, sebuah pesawat tak berawak siluman yang ditampilkan beroperasi dari kapal induk. Drone itu tampak besar, karena diumpamakan tingginya menyamai manusia.

Video seperti ini sebenarnya sudah pernah diperlihatkan saat Airshow China di Zhuhai, Provinsi Guangdong Cina Selatan pada November 2018. Tetapi pengamat militer pada waktu itu mengatakan bahwa video itu dianggap sangat konseptual sehingga tidak merepresentasikan apapun dari program Shenyang.

Namun, di video kali ini, perusahaan membuat drone tersebut seolah-olah makin mendekati kenyataan. Shenyang sendiri memiliki pengalaman yang kaya dalam merancang pesawat berbasis kapal induk dan juga mampu mengembangkan pesawat tanpa awak.

Setelah berhasil  mengembangkan jet tempur berbasis kapal induk pertama China J-15, perusahaan itu dilaporkan juga telah mendesain drone siluman bernama Sharp Sword.


Drone yang khusus didesain untuk berbasis di kapal induk itu konon dapat digunakan dalam serangan darat, pengisian bahan bakar udara, hingga misi pengumpulan data intelijen.

 



Komentar