TEKNOLOGI

Boeing Incar Pasar Internasional untuk Pesawat Latih T-X

Kamis, 20 Juni 2019 16:00
Penulis : Remi
Boeing Incar Pasar Internasional untuk Pesawat Latih T-X

Sumber: Boeing

Tahun lalu Boeing mencetak kemenangan besar ketika Angkatan Udara AS memberikan kontrak untuk menyiapkan pesawat latih lanjut. Tak puas, Boeing melihat pasar yang lebih besar di luar negeri.

 

Angkasa.news - Pada September tahun lalu, tim Boeing dan Saab mendapatkan kontrak senilai hingga 9,2 miliar dolar AS untuk platform pesawat latih lanjut yang dikenal dengan nama T-X. Pesawat ini kelak akan menjadi kawah candradimuka bagi para calon pilot generasi 4,5 dan generasi 5 di AS.

Secara total Angkatan Udara AS berencana membeli 351 pesawat T-X, 46 simulator dan peralatan pendukung terkait untuk menggantikan pesawat latih T-38. 

Di gelaran Paris Air Show 2019 ini Boeing memperkirakan akan ada kebutuhan 2.600 sistem T-X di pasar global.

"Kami benar-benar percaya diri bisa merebut pasar," kata Thom Breckenridge, Vice President for International Sales for Strike, Surveillance and Mobility Boeing (18/6).

Pada hari pembukaan Paris Air Show, para pemimpin industri di Eropa meluncurkan mockup platform pesawat generasi berikutnya yang dikenal sebagai sistem udara tempur masa depan, dan mengumumkan bahwa program tersebut sedang beralih ke fase berikutnya.

Tahun lalu, Inggris membuat terobosan besar di Farnborough Air Show ketika meluncurkan rencana jangka panjang untuk pesawat tempur generasi berikutnya yang mereka sebut dengan Tempest.

Saat ditanya soal potensi T-X untuk digunakan melatih pilot Eropa sebelum mengawaki pesawat tempur masa depan, Breckenridge sangat optimis.

"Kami melihat T-X sebagai jalur yang tepat untuk pilot di seluruh dunia untuk semua jenis kemampuan baik sekarang dan di masa depan. Varian T-X yang berbeda dapat dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan asing," katanya.

Angkatan udara di seluruh dunia menggunakan sebagian besar armada tempur mereka untuk pelatihan daripada misi. T-X dapat memberikan pelatihan yang diperlukan saat membebaskan pesawat operasional, katanya.

Menurut Boeing, T-X dirancang dengan mempertimbangkan biaya pemeliharaan dan keefektifannya. Program tersebut datang dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada yang diperkirakan Angkatan Udara AS. 



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.