TEKNOLOGI

Boeing dan Kongsberg yang Akan Pelihara 5 P-8 Poseidon Norwegia

Kamis, 18 Juni 2020 20:30
Penulis : Beny Adrian
Boeing dan Kongsberg yang Akan Pelihara 5 P-8 Poseidon Norwegia

P-8I Poseidon milik India. Sumber: Boeing

Angkasa.news – Raksasa industri penerbangan Amerika Serikat, Boeing dan mitranya Kongsberg dari Norwegia, meneken Nota Kesepahaman (MoU) untuk pemeliharaan dan dukungan armada pesawat patroli maritim P-8 Poseidon milik Norwegia.


MoU yang komprehensif dengan Kongsberg akan berisi program pemeliharaan dan dukungan untuk armada P-8 Norwegia. 

Kesepakatan ini akan membawa konsekuensi kebutuhan akan pusat pemeliharaan baru untuk produksi dan pemeliharaan, serta pelatihan tambahan dalam industri penerbangan di Norwegia.

"Selama beberapa tahun terakhir, Boeing telah erja sama dengan industri Norwegia, yang telah menunjukkan bahwa mereka memiliki sektor pertahanan yang kuat dan berkemampuan tinggi yang dapat mendukung bisnis kami," kata Maria Laine, Wakil Presiden Boeing, Kemitraan Strategis Internasional.

Norwegia memperoleh P-8 Poseidon pada tahun 2017.

Pada Maret 2014, media lokal melaporkan bahwa Angkatan Udara Norwegia ingin memiliki P-8 dari Boeing yang dioperasikan Skadron No. 333. Poseidon dibeli untuk menggantikan enam P-3 Orion yang sudah sulit untuk dipertahankan kesiapannya.

Dua tahun kemudian, kembali diberitakan bahwa Pemerintah Norwegia setuju membeli empat pesawat intai maritim baru dalam kerangkan rencana pertahanan jangka panjang. 

Akhirnya 29 Maret 2017, Norwegia menandatangani kontrak untuk lima P-8A Poseidon yang akan dikirim antara 2022 dan 2023.



Komentar