TEKNOLOGI

Baru Saja Dibeli, BRP Gabriela Silang Sudah Disiapkan Evakuasi Warga Filipina dari Timur Tengah

Jumat, 10 Januari 2020 17:00
Penulis : Beny Adrian
Baru Saja Dibeli, BRP Gabriela Silang Sudah Disiapkan Evakuasi Warga Filipina dari Timur Tengah

Gabriela Silang saat menjalani uji melaut Oktober 2019.

Angkasa.news – Pasukan Penjaga Pantai Filipina (PCG) sedang bersiap untuk mengirim kapal patroli lepas pantai (OPV) 84 m BRP Gabriela Silang yang baru diterima ke Timur Tengah. Pengiriman kapal ini dilakukan untuk membantu kemungkinan evakuasi warga negara Filipina yang berada di Kawasan yang tengah memanas itu.

Kapal Gabriela Silang diserahkan oleh pembuat kapal Perancis OCEA ke PCG pada Desember 2019.

Kapal meninggalkan Saint-Nazaire di Perancis untuk pelayaran perdananya pada 30 Desember 2019 dan saat ini sedang merapat di Malta. Awalnya dijadwalkan tiba di Filipina pada 10 Februari.


"Namun, sebagaimana diarahkan oleh Menteri Transportasi Arthur Tugade sebagai bagian dari persiapan pemerintah nasional untuk membantu pekerja Filipina di luar negeri yang mungkin perlu segera dibebaskan, kedatangan BRP Gabriela Silang dihentikan untuk alasan yang lebih besar," kata Departemen Perhubungan Filipina pada 8 Januari.

Gabriela Silang dan 35 krunya kini bersiap untuk berlayar ke Dubai atau Oman, jika memang dibutuhkan untuk membantu evakuasi warga negara Filipina yang ingin pergi, tetapi tidak dapat menemukan jalan pulang.

OPV ini ditenagai mesin diesel kembar MTU 16V 4000 M73 dan memiliki kecepatan maksimum kontraktual 22 knot dengan jangkauan 8.000 mil laut pada kecepatan 12 knot.

Untuk operasi reguler, kapal dapat menampung 40 awak, dengan 26 ruang tambahan untuk awak khusus misi.

BRP Gabriela Silang disebutkan juga dapat mengangkut sekitar 500 pengungsi.

Pasukan Penjaga Pantai Filipina akan mengerahkan 18 awak tambahan untuk membantu awak kapal untuk melaksanakan misi evakuasi ini.



Komentar