TEKNOLOGI

Awalnya Terima dari AU, Angkatan Laut Inggris Tuntaskan Upgrade Helikopter Merlin HC3/3A

Rabu, 12 Februari 2020 12:46
Penulis : Beny Adrian
Awalnya Terima dari AU, Angkatan Laut Inggris Tuntaskan Upgrade Helikopter Merlin HC3/3A

Terbang perdana heli upgrade pertama dari 25 Merlin HC4/4A untuk Commando Helicopter Force. Sumber: Royal Navy

Angkasa.news - Inggris telah meng-upgrade helikopter terakhir HC3/3 AgustaWestland Merlin untuk pengoperasian di wilayah pesisir oleh Angkatan Laut dan Marinir.

Komandan 845 Naval Air Squadron (NAS) RN Bob Bond menyampaikan pada 11 Februari, helikopter HC3A terakhir telah meninggalkan fasilitas Leonardo Helicopters di Yeovilton, Inggris selatan, sebagai tanda berakhirnya pekerjaan memperpanjang usia heli yang yang dimulai pada 2016.

Sebagaimana dicatat, sejumlah kecil platform standar iHC3 maritim sementara tetap menjalani proses upgrade sebelum semua 25 helikopter berada di standar Commando Merlin HC4/4A.

Merlin dipindahkan dari Angkatan Udara ke RN Commando Helicopter Force (CHF) pada Juli 2015. 

Tujuh di antaranya kemudian dimodifikasi ke konfigurasi iHC3 untuk menjembatani kesenjangan kemampuan operasional antara pensiunnya Westland Commando HC4 pada 31 Maret 2016 dan pengenalan Merlin HC4/4A pada September 2017. 

Konfigurasi iHC3 termasuk melengkapi helikopter dengan folding main rotor head, titik fast rope, undercarriage yang dimodifikasi untuk operasi dek, dan titik tambat dek baru. 

Tujuh helikopter iHC3 dikirim ke 846 NAS CHF dan 845 NAS di Stasiun Udara Royal Naval Yeovilton.

Program konversi HC4/4A dibangun di atas konfigurasi iHC3 dengan model tail fold, paket perpanjangan masa pakai, dan peningkatan avionik untuk mengadopsi glass cockpit yang umum untuk Merlin HM2 dan mirip dengan Lynx Wildcat.
 



Komentar