TEKNOLOGI

AU Australia Coba Luncurkan Drone dari C130J Hercules

Senin, 15 Juni 2020 12:00
Penulis : Remi
AU Australia Coba Luncurkan Drone dari C130J Hercules

Sumber: Leading Aircraftwoman Jacqueline Forrester

Angkasa.news - Angkatan Udara Australia (RAAF) tengah menggelar uji coba operasi drone Sky Ranger R70 yang berukuran kecil dari pesawat C-130J Hercules . Targetnya, RAAF mampu meluncurkan drone itu dari pintu rampa Hercules di ketinggian tertentu.

Pengujian ini merupakan kolaborasi antara Skuadron Pasukan Keamanan No. 3 (3SECFOR), Skuadron No. 37 (37SQN) dan Angkatan Darat Australia.

Mereka bekerja di bawah program pengembangan pertahanan udara Australia bernama Plan Jericho.


Uji coba yang digelar di pangkalan Edinburgh ini menguji kelayakan pengoperasian drone melalui tautan komunikasi satelit (SATCOM) pesawat.

Tujuan jangka panjangnya bukan hanya meluncurkan drone dari pesawat, tapi juga mengoperasikan pesawat nirawak atau kemampuan jaringan lainnya dari mana saja di dunia dan sebaliknya.

“Ini merupakan uji coba pertama peluncuran drone dari C-130J Hercules. Kami menggunakan sistem komunikasi satelit pita lebar untuk menyediakan tautan ke pengontrol drone yang berada di dalam kabin C-130J agar ia dapat menerima video dan gambar lain dari drone selama penerbangan,” ujar Komandan Skuadron Peter Cunningham.

Komandan Wing Paul Hay yang juga menjadi pimpinan Plan Jericho mengatakan, meskipun masih dalam tahap pembuktian konsep, uji coba ini dapat dikatakan berhasil. 

Selama beroperasi di udara, tim berhasil menangkap video dari drone dengan baik menggunakan pod sensor Litening yang dipasang pada sebuah tiang di bawah sayap C-130J.



Komentar