TEKNOLOGI

Angkatan Udara AS Tempatkan Skadron RQ-4 Global Hawk di Jepang, Ada Apa?

Sabtu, 10 Agustus 2019 14:00
Penulis : Beny Adrian
Angkatan Udara AS Tempatkan Skadron RQ-4 Global Hawk di Jepang, Ada Apa?

RQ-4 Global Hawk. Sumber: USAF

Angkasa.news - Angkatan Udara AS mengerahkan satu skadron pesawat tanpa awak RQ-4 Global Hawk dari Pangkalan Angkatan Udara Andersen, Guam ke Pangkalan Udara Yokota, Jepang.

Menurut rilis 374th Airlift Wing Public Affairs, penempatan Global Hawk di Jepang diperlukan untuk memastikan awak darat dapat terus mengoperasikan platform selama berbulan-bulan di saat cuaca buruk di Guam berpotensi menghambat operasi UAV di seluruh dunia melalui musim panas hingga musim gugur.

Global Hawk berfungsi sebagai sistem pengintaian udara dengan kemampuan terbang lama dan tidak bersenjata.

UAV ini dirancang untuk memberikan pencitraan semua wilayah baik siang maupun malam, dengan resolusi tinggi.

Selain mendukung operasi intelijen kehadiran Global Hawk dapat digunakan untuk bantuan kemanusiaan dan operasi bantuan bencana.

Salah satu misinya adalah mendukung bantuan kemanusiaan selama Operasi Tomodachi setelah gempa bumi dan tsunami 2011.

Terbang terus menerus selama 21 hari, dengan kamera jarak jauh dan  inframerah, RQ-4 Global Hawk menghasilkan lebih dari 3.000 foto, termasuk gambar para korban yang membutuhkan bantuan, dan status pabrik nuklir Fukushima Dai-Ichi yang telah rusak oleh tsunami dan menyebabkan kekhawatiran kebocoran radiasi yang akan membanjiri wilayah yang sudah hancur.

Sejak 2011, Pacific Air Forces telah mengerahkan Global Hawk ke Pangkalan Udara Misawa, Jepang secara berturut-turut pada 2014, 2015, dan 2018 dan Yokota pada 2017.



Komentar