TEKNOLOGI

Airbus Kembangkan Tabir Asap untuk Lindungi Helikopter H145M di Medan Tempur

Selasa, 05 November 2019 12:02
Penulis : Beny Adrian
Airbus Kembangkan Tabir Asap untuk Lindungi Helikopter H145M di Medan Tempur

Helikopter H145M. Sumber: Airbus

Angkasa.news - Karena karakteristiknya unik, helikopter memberikan keuntungan sekaligus (potensi) kerugian dalam operasi militer. Keuntungan dikarenakan kemampuan terbangnya yang rendah selain bisa melayang (hover) di satu titik.

Di saat bersamaan, kehadiran helikopter mudah ditebak sehingga mudah dijatuhkan musuh. Karena terbangnya rendah, dan kecepatannya rendah.

Karena itulah, Airbus Helicopter mencoba membuat terobosan perlindungan untuk pengoperasian helikopter di medan konflik.

Seperti dikutip janes.com saat menghadiri Airbus Defence and Space (DS) Trade Media Briefing 2019 di Donauworth dekat Munich (4/11), terobosan dimaksud adalah membuat tabir asap (smoke screen).

Tabir asap disemprotkan dari helikopter H145M saat melayang untuk menurunkan (menyusupkan) pasukan di wilayah konflik.

Pola serupa lazim digunakan tank amfibi marinir saat mendaratkan pasukan di beach head.

Berbicara didepan awak media di fasilitas Donauworth, Mark Henning, Manajer Program Senior H145M Governmental Business mengatakan, sistem yang baru pertama kali ditanam di helicopter ini telah menunjukkan hasil positif saat pengujian awal di darat.

“Kami sedang mengembangkan sistem pengaburan cepat dalam penerbangan untuk membuat H145M tidak terlihat selama fase paling berbahaya dari misinya, yaitu melayang sekitar 20 meter untuk menurunkan pasukan. Ini telah dilakukan untuk kendaraan, tetapi tidak pernah untuk helikopter. Kami membuktikannya secara konseptual, dan hasilnya sangat bagus,” kata Henning.

Dijelaskan Henning, tabir asap ini bekerja melalui dispenser yang dipasang di samping dan di bawah badan pesawat. Jika ditembakkan akan menciptakan pagar asap yang bisa mengaburkan posisi heli.

Hebatnya lagi, asap ini bisa mengaburkan pandangan visual terhadap heli maupun jejak keberadaannya yang tidak bisa ditangkap inframerah.



Komentar