TEKNOLOGI

Airbus dan Vahana Rilis Foto Alpha Two, Taksi Terbang Masa Depan

Kamis, 23 Mei 2019 19:00
Penulis : Remi
Airbus dan Vahana Rilis Foto Alpha Two, Taksi Terbang Masa Depan

Kokpit Airbus Vahana Alpha Two. Sumber: Vahana

Walau program jangka panjang, namun program taksi terbang macam Alpha Two ini harus tetap digeber.

 

Angkasa.news - Airbus merilis beberapa foto yang dikatakan sebagai Alpha Two, sebuah pesawat konsep yang digadang-gadang akan menjadi masa depan taksi terbang.

Proyek pesawat tanpa awak ini berada di bawah Airbus A3 dengan menggandeng perusahaan riset teknologi asal AS, Vahana.

Dalam foto yang dirilis kemarin (23/5/2019) itu kita bisa melihat baha Alpha Two dilengkapi dengan 8 baling-baling, empat di bagian depan dan empat lainnya di belakang. Alpha Two hanya berkapasitas satu orang penumpang.

Penumpangnya akan dilindungi oleh kanopi besar yang memungkinkan penumpang untuk memiliki pandangan yang amat luas. Di bagian dashboard, penumpang bisa melihat rute penerbangan secara detil lewat sebuah layar berdefinisi tinggi. 

Bagaimana cara terbangnya? Zach Lovering, Vice President urban air mobility di Airbus A³ mengatakan bahwa Alpha Two akan diterbangkan dari jarak jauh. Pusat penerbangannya ada di markas Vahana di Oregon, AS. 

Namun, pilot tidak benar-benar memandu penerbangan. Tugas pilot hanyalah mengatur saat pesawat lepas landas dan mendaratkannya. 

"Sistem di dalam Vahana Alpha telah memungkinkannya untuk terbang secara otomatis, termasuk lewat sistem GPS. Selain itu, ia juga telah dilengkapi beberapa sensor yang akan mengumpulkan data posisi dan ketinggian pesawat. Jalur penerbangan sudah dibuat sebelumnya, sehingga pesawat tinggal mengambil data jalur penerbangan dari sistem," ujarnya.

Dengan perpaduan radar, kamera dan teknologi Light Detection and Ranging (LIDAR) memungkinkan taksi terbang ini menghindari halangan di udara maupun di daratan.

Tampilan taksi terbang Alhpa Two hasil kerjasama Airbus dan Vahana. Sumber: Vahana

Tampilan taksi terbang Alhpa Two hasil kerjasama Airbus dan Vahana. Sumber: Vahana

 

Program taksi terbang Airbus dengan Vahana ini merupakan rencana jangka panjang, sehingga saat ini kedua pihak masih fokus dalam pengujian Alpha Two. 



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.