SEJARAH

14 Februari, Angkatan Udara Azerbaijan Peringati Hari Jadi Ke-28

Minggu, 16 Februari 2020 19:45
Penulis : Beny Adrian
14 Februari, Angkatan Udara Azerbaijan Peringati Hari Jadi Ke-28

Pesawat tempur MiG-29 Azerbaijan. Sumber: polygonjournal.com

Angkasa.news - Pada 14 Februari 1992, Azerbaijan mendirikan unit angkatan udara pertamanya.

Sejak didirikan 1992 ketika Azerbaijan sebagai negara yang dilanda perang memperjuangkan integritas teritorialnya, Angkatan Udara Azerbaijan telah berubah secara dramatis dalam dua dekade terakhir menjadi yang terkuat di Kaukasus Selatan.

Maka terhitung 14 Februari 2020, Angkatan Udara Azerbaijan sudah terdiri dari resimen penerbangan campuran, skadron pembom-tempur, skadron tempur, pengintaian, dan latih.

Angkatan Bersenjata Azerbaijan memiliki ratusan pilot terlatih yang dianggap telah menyelesaikan jumlah penerbangan terbesar di CIS (Commonwealth of Independent States). Azerbaijan memiliki program pertukaran pengalaman dengan AS, Turki, Ukraina, dan negara-negara NATO lainnya. 

Sekolah Angkatan Udara Turki memainkan peran besar dalam melatih penerbangan militer Azerbaijan. Penerbang Azerbaijan utamanya dilatih di Sekolah Penerbangan Tinggi Militer Azerbaijan.

Hari ini, Angkatan Udara dan Pasukan Pertahanan Udara Azerbaijan memiliki pesawat dan helikopter canggih dan sepenuhnya mampu mempertahankan ruang udaranya.

Dengan dekrit presiden 14 September 1992, jadilah 14 Februari 1992 dinyatakan sebagai Hari Angkatan Udara.

Namun, sejarah Angkatan Udara Azerbaijan sejatinya bisa lebih tua lagi jika ditarik mundur ke 26 Juni 1918, ketika Republik Demokratik Azerbaijan (ADR) membeli pesawat militer pertama.

Pada 1919, pesawat militer pertama dioperasikan angkatan darat ADR. Tak lama kemudian, Menteri Perang ADR memerintahkan pembentukan Kelompok Penerbangan di angkatan darat.

Selama Perang Dunia II, para penerbang Azerbaijan melakukan banyak operasi tempur sebagai bagian dari Angkatan Udara Uni Soviet.

Angkatan Udara Azerbaijan beroperasi dari lima pangkalan udara. Baku Air Base, Qala Air Base, Lokbatan Air Base, Kyurdamir Air Base, dan Nasosnaya Air Base. 



Komentar