KOMUNITAS

Tiga Bulan Off, Marsdya (Pur) Eris Herryanto Kembali Terbangkan Pitts S-2C di Cibubur Area

Sabtu, 20 Juni 2020 14:32
Penulis : Beny Adrian
Tiga Bulan Off, Marsdya (Pur) Eris Herryanto Kembali Terbangkan Pitts S-2C di Cibubur Area

Eris Herryanto di kokpit Pitts S-2C, persiapan lepas landas. Sumber: angkasa.news/ beny adrian

Angkasa.news - Pagi ini, Sabtu (20/6) sedikit istimewa bagi Marsdya (Pur) Eris Herryanto. Bukan sekadar karena masih bisa jalan-jalan menghirup udara segar di tengah pandemi Covid-19, tapi karena hari ini penerbang F-16 Fighting Falcon itu bisa kembali duduk di kokpit pesawat aerobatik kesayangannya, Pitts S-2C.


"Ini untuk pertama kali saya kembali terbang setelah off tiga bulan," ujar Eris usai mendarat di lapangan terbang Wiladatika di Pusdirga Cibubur, Jawa Barat. Sejak pandemi Covid-19 dan anjuran stay at home, mantan Sekjen Kemhan ini pun mematuhinya dengan tidak melakukan aktivitas luar ruangan apalagi terbang.

Karena itu pagi ini di Pusdirga Cibubur, beberapa orang terlihat bertegur sapa akrab karena sudah lama tidak bertemu.

Eris terlihat santai, seperti biasanya, saat turun dari pesawat Pitts. Hanya saja penerbangan pagi ini terlihat tidak seperti biasanya yang penuh dengan tarian udara. 

Biasanya di setiap latihan di akhir minggu, Eris sudah menunjukkan kelasnya mulai saat pesawa take off. Dengan kemampuan maksimal, pesawat langsung dibawa bermanuver ekstrem. Tapi tidak pagi ini. Setelah lepas landas, Pitts ini sudah lenyap dari pandangan, terbang entah kemana.

"Karena ini hari pertama terbang, saya memang tidak banyak manuver, tadi terbang pemanasan saja di area Sentul," ungkap Eris. 

Menurut Eris, ia memang hanya terbang pemanasan saja untuk penyesuaian kembali setelah tiga bulan terhenti. Istilahnya menyesuaikan kembali ritme tubuh dengan kemampuan pesawat yang cukup tinggi.

"Tadi main di atas Sentul, coba beberapa manuver, paling rendah 1.500 kaki," ujarnya. 



Komentar