KOMUNITAS

Siap Berlaga di PON 2020 Papua, Atlet Gantole DKI Jakarta Berlatih di Pusdirga Cibubur

Minggu, 01 Desember 2019 17:20
Penulis : Beny Adrian
Siap Berlaga di PON 2020 Papua, Atlet Gantole DKI Jakarta Berlatih di Pusdirga Cibubur

Atlet gantole DKI Jakarta mencoba tempat latihan baru di Pusdirga Cibubur. Sumber: arif nursilo

Angkasa.news - Tidak sampai setahun lagi, Indonesia akan menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. PON XX Papua akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November mendatang.

Berdasarkan ketetapan yang dibuat, PON Papua akan melombakan 37 cabang olahraga (cabor), 56 disiplin cabor, 679 nomor pertandingan/perlombaan, dan 6.442 orang kuota atlet.

Sedangkan pelaksanaan lomba akan dilangsungkan di tiga kota dan kabupaten, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Salah satu dari 37 cabang yang akan dilombakan, adalah Cabor Aerosport.

Bersiap menghadapi perlombaan nanti, setiap daerah jauh-jauh hari sudah mempersiapkan atletnya untuk berlaga. Demikian juga dengan cabor gantole DKI Jakarta, semakin matang mempersiapkan diri.

Seperti hari ini, Minggu (1/12), atlet gantole DKI mencoba lokasi latihan baru di lapangan terbang Wiladatika yang berada di Pusat Pendidikan Kedirgantaraan (Pusdirga) Pramuka di Cibubur, Jakarta.

Persiapan dilakukan sebagai bagian dari pemusatan latihan daerah (Pelatda) atlet gantole DKI Jakarta dalam menghadpai PON 2020 di Papua.

Dalam uji coba hari ini, empat atlet terlihat melakukan penerbangan yaitu Ersi Nuzul Firman, Andre HK, Samsul Fala, dan Fauzan.

Menurut Arif Nursilo selaku Ketua Asia Aero Flying Club yang bertanggung jawab mengelola olah raga dirgantara di Pusdirga Cibubur, kedatangan atlet DKI hari ini baru untuk uji coba. “Sementara baru uji coba lokasi di Cibubur, cuma satu hari khusus fokus nomor ketepatan mendarat alias spot landing,” ujarnya.

Lapangan terbang Wiladatika baru pertama kali digunakan oleh atlet gantole DKI untuk berlatih, sehingga butuh waktu untuk orientasi.

“Atlet perlu orientasi dan adaptasi dengan kondisi cuaca, ini berpengaruh terhadap kematangan atlet sendiri untuk menghadapi situasi yang berbeda apalagi di tempat sesungguhnya di Papua,” ungkap Arif yang dulu tercatat sebagai atlet gantole Jawa Tengah.

Atlet gantole DKI Jakarta di Cibubur. Sumber: arif nursilo

Latihan ini diharapkan memberikan pengalaman kepada atlet untuk menghadapi pertandingan nanti.

Direncanakan atlet gantole DKI Jakarta akan mulai menjalani Pelatda di Pusdirga Cibubur setiap Sabtu dan Minggu.

Atlet gantole DKI Jakarta tetap akan menghadapi atlet andal dari Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatra Barat yang selama ini mendominasi pertandingan.

Pada PON XIX di Jawa Barat, tim gantole Jabar menjadi juara umum setelah meraih tiga medali emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Persiapan juga sudah dilakukan atlet tuan rumah Papua di kawasan Pantai Parangtritis Yogyakarta.

Dalam PON 2020 Papua, cabang olahraga gantole akan memperebutkan enam medali emas yang dikategorikan dalam dua kelas. Yaitu pesawat Single Layer B dan Double Layer, dengan masing-masing nomor Ketepatan Mendarat perorangan dan beregu, serta Cross Country perorangan.

Sistem penerbangan gantole di PON Papua akan menggunakan aero towing. Pesawat peserta akan ditarik menggunakan pesawat gantole bermotor atau trike.

Lokasi pertandingan cabor gantole di PON XX 2020 Papua berada di Grasstrip/ Air Strip landasan pacu pesawat milik perusahaan penerbangan Adventis di Doyo Baru, Sentani, Kabupaten Jayapura.



Komentar