KOMUNITAS

Pesawat Etihad Diubah Jadi Penginapan Mewah

Selasa, 17 September 2019 12:05
Penulis : Remi
Pesawat Etihad Diubah Jadi Penginapan Mewah

Sumber: Apple Campsite

Angkasa.news - Operator perkemahan Toby Rhys-Davies membeli satu unit pesawat Airbus A319 bekas Etihad Airways seharga Rp786 juta dari tempat pembuangan sampah di Cardiff, Wales. Pesawat ini kemudian diubah menjadi sebuah penginapan yang dibanderol sekitar Rp3,1 juta semalam untuk empat orang.

Bagian belakang pesawat masih memiliki dapur asli, kompartemen bagasi di atas kepala, jendela, dan pintu keluar darurat. Livery pesawat itu juga dipertahankan, dengan tulisan "Etihad" terpampang di badannya.

Pemilik penginapan mengganti seluruh kursi dan menggantinya dengan tempat tidur, kursi dan pancuran air panas.


Pesawat Etihad itu sekarang menjadi bagian dari sembilan unit resor Apple Campsite di Pembrokeshire, Wales. Selain pesawat itu, pengelola juga memiliki vila lain yang dibuat dengan pesawat bekas JetStar.

Tampilan ruangan di dalam penginapan pesawat Etihad. Sumber: Apple Campsite

Penginapan dengan pesawat Etihad itu didesain bertema "Arabian Night". Agar terasa lebih Timur Tengah, pengelola menanam pohon-pohon palem di sekitar badan pesawat.

Airbus A319 sendiri pertama kali bergabung dengan Etihad pada tahun 2008. Awalnya, pesawat mampu mengangkut 16 penumpang di kelas bisnis dan 90 di kelas ekonomi. Pesawat jenis ini dirancang untuk perjalanan singkat hingga menengah dan memiliki jangkauan sekitar 7.000 kilometer. Etihad menonaktifkan pesawat pada tahun 2017 dan berakhir di sebuah tempat pembuangan sampah di Wales tempat Rhys-Davies, membelinya pada bulan Mei lalu.

Tampilan luar vila yang dibangund dari pesawat Etihad. Sumber: Apple Campsite

"Bagian depan pesawat harganya tiga kali lipat lebih mahal, meskipun kokpit tidak ada di dalamnya," katanya.

Karena pesawat sepanjang 14,2 meter itu dirasa sangat besar, maka Apple Campsite membaginya menjadi dua bagian. Bagian pertama dipotong sepanjang 10,6 meter dan diubah menjadi satu vila. Satu bagian badan pesawat lainnya sepanjang 3,6 meter telah direkondisi sebagai area barbekyu yang unik.

Area untuk baberkyu para tamu. Sumber: Apple Campsite

Pihak Apple Campsite mengaku, sejak mereka mengumumkan vila baru ini, mereka sudah menerima pemesanan untuk menginap dari awak pesawat dan penggemar penerbangan yang ingin menjajal sensasi bermalam di pesawat.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.