KOMUNITAS

Jelang HUT TNI ke-74, Mabes TNI Ajak 1.000 Putra-Putri Prajurit Wisata Kejuangan

Minggu, 08 September 2019 07:12
Penulis : Beny Adrian
Jelang HUT TNI ke-74, Mabes TNI Ajak 1.000 Putra-Putri Prajurit Wisata Kejuangan

Wisata kejuangan. Sumber: Puspen TNI

Angkasa.news - Dalam rangka menyambut HUT ke-74 TNI tahun 2019, Mabes TNI menggelar Wisata Kejuangan bagi Putra-Putri Prajurit TNI. Wisata kejuangan dilaksanakan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (7/9). 

Dalam kegiatan ini, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diwakili oleh Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto.

Wisata Kejuangan diikuti seribu putra-putri Prajurit TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Dalam kegiatan yang menarik ini, peserta mengunjungi Monumen Seroja, Trikora, Dwikora dan Perjuangan Mempertahankan NKRI serta Museum Bhakti TNI yang berada di komplek Mabes TNI.

Panglima TNI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Letjen TNI Joni Supriyanto menyampaikan, pada 5 Oktober 2019, TNI akan memperingati ulang tahunnya ke-74. TNI lahir tidak lama setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Dalam kondisi serba terbatas, para pendahulu TNI yang awalnya bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR), melaksanakan peran sebagai angkatan perang untuk mempertahankan kemerdekaan dari penjajah yang ingin kembali berkuasa.

“Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, TNI tetap semangat bersama-sama rakyat melaksanakan tugas-tugas negara dengan ikhlas dan pantang menyerah,” ungkap Panglima TNI.

Panglima TNI mengingatkan bahwa negeri ini sudah merdeka 74 tahun dan tidak lagi melawan penjajah ataupun negara lain yang ingin menguasai wilayah Indonesia.

“Perjuangan kita saat ini adalah mengisi kemerdekaan dengan pembangunan agar Indonesia maju dan sejahtera sesuai cita-cita nasional,” ujarnya. 

Untuk itu, semangat perjuangan para pendahulu tetap harus dimiliki.

“Bagi adik-adik, semangat itu adalah semangat perjuangan untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri. Persaingan akan semakin ketat dan tanpa kualitas diri yang unggul, generasi muda akan kalah dalam persaingan global,” jelas Panglima TNI.

“Perjuangan adik-adik akan berbeda dengan para pendahulu kita, dengan kami-kami yang saat ini sudah menjelang di penghujung pengabdian,” tambahnya. 

Menurut Marsekal Hadi Tjahjanto, perjuangan sekarang sarat penguasaan teknologi tinggi yang perkembangannya semakin pesat.

Diakhir sambutannya, Panglima TNI mengajak seluruh putra-putri prajurit TNI mengikuti wisata kejuangan untuk bersama-sama mendoakan arwah orang tua, saudara dan keluarga tersayang yang sudah mendahului.

Turut hadir pada acara tersebut di Ketum Dharma Pertiwi Nanny Hadi Tjahjanto, Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa, Ketum Jalasenastri Manik Siwi Sukma Adji dan Ketum PIA Ardhya Garini Ayu Yuyu Sutisna.



Komentar