KOMUNITAS

Jam Tangan Rp20 Juta Ini Jadi Andalan Pilot U-2 Dragon Lady

Rabu, 18 Maret 2020 17:00
Penulis : Remi
Jam Tangan Rp20 Juta Ini Jadi Andalan Pilot U-2 Dragon Lady

Sumber: Air Combat Command

Angkasa.news - Jika kita melihat dunia jam tangan pintar (smartwatch), ada begitu banyak variasi yang ditawarkan saat ini, dari harga ratusan ribu rupiah hingga jutaan. Ini tentu membingungkan bagi mereka yang baru ingin membeli jam tangan pintar. Salah satu jam pintar yang bisa menjadi rekomendasi bagi para pencinta aviasi dan militer datang dari pilot Angkatan Udara AS (USAF).

Pilot USAF dari Skuadron Pengintai ke-99 di Pangkalan Beale California Utara menggunakan jam tangan pintar Garmin D2 Charlie sebagai teman terbang mereka saat menerbangkan pesawat pengintai di ketinggian. Komandan Tempur Udara USAF, Jenderal James M. "Mike" Holmes menjelaskan bahwa pilot dari pesawat pengintai Lockheed U-2 Dragon Lady telah tiga tahun ini menggunakan jam tangan pintar dari Garmin sebagai alat navigasi cadangan.

"Teman-teman U-2 saya terbang dengan arloji yang sekarang terhubung ke GPS... Jadi jika GPS mereka akan tetap berfungsi manakala seluruh sistem navigasi pesawat mati," ujarnya.

Holmes mengatakan bahwa anggota USAF harus memiliki akses ke teknologi komunikasi yang perangkatnya tersedia di pasar umum.

Garmin D2 Charlie sendiri sebenarnya bukan model baru. Jam ini dirilis pada tahun 2017 dan dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan pilot. Kebutuhan tersebut diterjemahkan ke dalam sejumlah fitur penerbangan-sentris, seperti radar cuaca global yang real-time, serta informasi navigasi seluruh bandara.

Pilot juga memiliki kemampuan untuk mentransfer rencana penerbangan ke D2 Charlie dan untuk mentransfer data GPS dari jam tangan pintar ke perangkat lain.

Bagaimanapun, jam tangan pintar ini tidak murah. Di Indonesia, D2 Charlie bisa didapatkan lewat marketplace dengan harga sekitar Rp17 hingga 20 juta. Namun jika dibandingkan dengan jam tangan konvensional yang selama ini identik dengan pilot, seperti Seiko, Citizen, dan Breitling, D2 Charlie dengan fitur-fitur itu bisa dibilang cukup murah. 



Komentar