KOMUNITAS

Bukan Program Kemiliteran, Gubernur AAU Buka Pelatihan Bela Negara UPN Veteran Yogyakarta

Senin, 05 Agustus 2019 16:26
Penulis : Beny Adrian
Bukan Program Kemiliteran, Gubernur AAU Buka Pelatihan Bela Negara UPN Veteran Yogyakarta

Sumber: Dispenau

Angkasa.news - Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsda TNI Tatang Harlyansyah diwakili Direktur Pengkajian (Dirjian) Kolonel Lek Suparno, membuka Pelatihan Kepemimpinan dan Pembinaan Karakter Bela Negara bagi mahasiswa senior Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran di gedung Sabang Merauke AAU, Yogyakarta, Senin (5/8).

AAU kembali dipercaya menjadi penyelenggara program Pelatihan Kepemimpinan dan Pembinaan Karakter Bela Negara bagi para mahasiswa perguruan tinggi di Yogyakarta setelah sebelumnya melaksanakan program serupa.

Pelatihan yang diikuti sekitar 118 mahasiswa ini akan dilaksanakan selama dua hari. Berbagai materi disiapkan meliputi pembentukan sikap, leadership, moral dan karakter, cinta tanah air dan militansi terhadap pembelaan bangsa dan negara.

Pelatihan Kepemimpinan dan Pembinaan Karakter Bela Negara ini bertujuan untuk membentuk mental dan fisik yang tangguh bagi para mahasiswa.

"Pelatihan bela negara ini dimaksudkan untuk menghadirkan sosok mahasiswa yang mumpuni dalam fisik dan mental, sekaligus militan dalam mempertahankan integritas dan kedaulatan bangsa Indonesia," seperti dikatakan Dirjian pada sambutan Gubernur yang dibacakannya.

Senada dengan Dirjian, Rektor UPN Veteran Dr. Mohammad Irhas Effendi, M.S dalam sambutan pengantarnya mengatakan, Pelatihan Kepemimpinan dan Pembinaan Karakter Bela Negara ini dapat diwujudkan melalui perubahan sikap dan perilaku para mahasiswa untuk menjadi kader-kader bela negara yang profesional baik didalam maupun di luar lingkungan universitas.

Selain itu, Dirjian menekankan bahwa program Pelatihan Kepemimpinan dan Pembinaan Karakter Bela Negara bukan merupakan program kemiliteran melainkan program pelatihan untuk menggugah semangat para mahasiswa agar memiliki semangat dan jiwa kepemimpinan dalam mencintai serta membela kedaulatan bangsa dan negara.    

Dengan dilaksanakannya Pelatihan Kepemimpinan dan Pembinaan Karakter Bela Negara ini, diharapkan para mahasiswa senior dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran dapat menyerap segala ilmu yang diberikan dan dapat diaplikasikan dalam tantangan dunia kerja yang akan dihadapi kedepan.



Komentar