HOT NEWS

Untuk Pertama Kalinya Kapal Induk Terbaru AS USS John F. Kennedy Dibasahi Air

Rabu, 30 Oktober 2019 18:55
Penulis : Beny Adrian
Untuk Pertama Kalinya Kapal Induk Terbaru AS USS John F. Kennedy Dibasahi Air

Kapal induk USS John F. Kennedy. Sumber: Ashley Cowan/HII

Angkasa.news - Huntington Ingalls Industries (HII) Newport News Shipbuilding memulai proses pembanjiran dok kering 12, di mana kapal induk terbaru Angkatan Laut AS USS John F. Kennedy (CVN 79) telah dibangun sejak 2015.

Proses pengairan dok kering ini berlangsung pada 29 Oktober.

Proses pengairan dok ini hingga dipenuhi air dan membuat kapal bisa mengambang, diperkirakan memakan waktu sekitar 10 jam. Setelah mengapung, kapal akan dipindahkan ke tempat berlabuh.

USS John F. Kennedy adalah supercarrier kedua di kelas Gerald R. Ford.

Pada 25 Februari 2011, Angkatan Laut AS melakukan upacara potong baja bertama di Newport News, menandakan dimulainya konstruksi formal untuk John F. Kennedy.

Lunas kapal diletakkan di Newport News, Virginia pada 22 Agustus 2015.

Pada Juli, diumumkan bahwa HII menyelesaikan pemasangan bagian terakhir dari dek penerbangan CVN 79. Pembaptisan kapal direncanakan pada akhir 2019.

Pada 1 Oktober, kru kapal diaktifkan untuk pertama kalinya sebagai Pra-Komisi Unit (PCU) USS John F. Kennedy (CVN 79) pada upacara di atas kapal di Newport News Shipbuilding.

Lebih dari 3.200 pembuat kapal dan 2.000 pemasok dari seluruh wilayah di AS mendukung pembuatan kapal ini, menunjukkan betapa besarnya manfaat dari sebuah industri perkapalan.

Setelah diresmikan, USS John F. Kennedy (CVN 79) akan diturunkan ke Sungai James di mana perlengkapan dan pengujian sistem kapal akan berlanjut sampai kapal dikirim ke Angkatan Laut AS pada 2022.



Komentar