HOT NEWS

Untuk Pertama Kali, Italia Kerahkan F-35 Pada Misi NATO di Islandia

Senin, 30 September 2019 20:24
Penulis : Beny Adrian
Untuk Pertama Kali, Italia Kerahkan F-35 Pada Misi NATO di Islandia

Pesawat tempur F-35A milik Angkatan Udara Italia. Sumber: milavia.net/ Claudio Toselli

Angkasa.news - Angkatan Udara Italia (Aeronautica Militare Italiana: AMI) mengerahkan enam pesawat tempur Lockheed Martin F-35A Lightning II JSF (Joint Strike Fighter) ke Keflavik Airbase untuk melaksanakan misi patroli udara NATO dan tugas-tugas pelatihan di Islandia.

Pengerahan yang melibatkan pesawat tanker AMI Boeing KC-767, menandai pertama kalinya sebuah negara melakukan komitmen F-35 untuk misi operasional NATO.

Pesawat dan personel pendukung telah tiba di Islandia pada 26 September dan akan bertugas sampai akhir Oktober.

AMI akan menghabiskan minggu pertama dengan penerbangan sosialisasi ke Islandia di bawah kendali Pusat Pengawasan dan Pelaporan Penjagaan Pantai Islandia Loki di Keflavik.

Detasemen selanjutnya akan disertifikasi oleh Pusat Operasi Udara Gabungan NATO di Uedem, Jerman untuk menerbangkan misi patroli udara di wilayah udara Islandia.

Untuk misi “Airborne Surveillance and Interception Capabilities to Meet Iceland’s Peacetime Preparedness Needs”, anggota aliansi melakukan rotasi tiga hingga empat minggu dalam empat bulan operasi sepanjang tahun.

Biasanya negara kontributor mengirim empat pesawat, meskipun jumlah ini fleksibel.

Pengerahan Italia ini adalah kali kelima negara itu beroperasi di Islandia, hanya beberapa bulan setelah mengirim detasemen Eurofighter Typhoons pada Maret lalu.

Misi ini sebelumnya juga telah diterbangkan oleh Kanada, Republik Ceko, Denmark, Perancis, Jerman, Norwegia, Portugal, dan Amerika Serikat.



Komentar