HOT NEWS

TNI Bangun Puslatpur di Amborawang, Selain Modern Juga Memberikan Akses Langsung dari Kapal Perang ke Darat

Kamis, 08 Agustus 2019 10:10
Penulis : Beny Adrian
TNI Bangun Puslatpur di Amborawang, Selain Modern Juga Memberikan Akses Langsung dari Kapal Perang ke Darat

Puslatpur Amborawang. Sumber: Puspen TNI

Angkasa.news - Betul kata ungkapan, kebahagiaan prajurit itu adalah berlatih. Namun untuk berlatih dibutuhkan fasilitas berupa sarana daan prasarana yang akan digunakan untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan prajurit.

Sayangnya dalam sejumlah kasus, malah banyak lahan latihan TNI diserobot warga. Tak heran dalam beberapa latihan, warga menjadi korban karena berada di dalam area latihan militer. 

Namun TNI terus meningkatkan kemampuannya dengan menjaga dan membangun fasilitas latihan baru.

Seperti yang baru lalu ditinjau Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Kalimantan Timur, Rabu (7/8). TNI akan membangun Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodam VI Mulawarman dan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) TNI di Amborawang Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dalam peninjauannya, Panglima TNI menerima paparan dari Komandan Satuan Tugas Latihan Tempur (Dansatgas Latpur), Kolonel Inf Muhammad Yasin terkait rancangan peningkatan sarana dan prasarana latihan guna menunjang profesionalisme prajurit.

Dikutip kaltim.tribunnews.com, kawasan Amborawang memiliki luas 724 hektare yang dikuasai Kodam VI memiliki kontur geografis memenuhi syarat karena ada gunung, hutan, dan air. Jarak ke laut hanya hanya 4,2 kilometer.

Pembangunan Puslatpur ini direncanakan selesai dalam kurun 5 tahun. Dengan rencana anggaran biaya (RAB) ditaksir Rp 136 miliar.

Dari model site plan yang direncanakan, nantinya bakal terdapat mess VVIP, tower air, gedung serbaguna, masjid, KSA, senkom, GOR, lapangan bola, barak, ruang makan, dapur, lapangan tembak pistol, lapbak 100 hingga 300 meter, bungker, pos tinjau, jalan klas I (50%), Jalan Klas II (605) dan Jalan Klas II (100%).

Selain bertaraf internasional dan modern, Puslatpur Amborawang akan memiliki kelebihan akses langsung dari kapal perang langsung ke darat.



Komentar