HOT NEWS

Ternyata Mi-17 TNI AD Ditemukan OPM Sejak Minggu Lalu

Rabu, 12 Februari 2020 11:30
Penulis : Remi
Ternyata Mi-17 TNI AD Ditemukan OPM Sejak Minggu Lalu

Helikopter angkut Mi-17V5 TNI AD yang hilang di Pegunungan Bintang sejak 28 Juni 2019 lalu. Sumber: Angkasa/Beny Adrian

Angkasa.news - Sejak kemarin, Selasa (11/2/2020) TNI AD memberikan konfirmasi soal penemuan helikopter angkut Mi-17V5 yang dinyatakan hilang sejak Juni 2019. Ternyata, helikopter tersebut sebenarnya telah ditemukan sejak minggu lalu. Pihak pertama yang mengkonfirmasi penemuan ini justru adalah Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom.

Seperti dikutip di laman VOA Indonesia, pada tanggal 6 Februari 2020 lalu, Sebby mengklaim bahwa pihaknya sebenarnya telah menemukan helikopter yang memiliki nomor registrasi HA-5138 itu.

“Markas pusat TPNPB melaporkan bahwa helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat yang pernah kami tembak pada 28 Juni 2019 itu sudah ditemukan,” kata Sebby.


Ia juga mengklaim OPM lah yang menembak jatuh sehingga pihaknya bertanggung jawab penuh atas jatuhnya helikopter tersebut. 

Bahkan, Sebby mengatakan secara tidak langsung jika kelompoknya sudah menemukan Mi-17 itu sejak awal Januari lalu dengan menyatakan bahwa TPNPB OPM telah merebut senjata personel TNI AD. "Sejak itu, senjata yang kami rebut adalah milik kami. ika pasukan keamanan Indonesia datang ke daerah kami untuk mengambil senjata yang TPNPB-OPM sudah rebut. Maka kami siap lawan," tambahnya.

Hingga hari ini, Rabu (12/2/2020), tim evakuasi TNI AD masih belum bisa mencapai lokasi jatuhnya helikopter akibat medan yang curam dan cuaca buruk. TNI AD sendiri telah menyiagakan 60 personel dan tiga unit helikopter untuk proses evakuasi.



Komentar