HOT NEWS

Tak Sengaja, A-10 Angkatan Udara AS Tembakkan Roket Saat Latihan

Selasa, 10 September 2019 17:00
Penulis : Beny Adrian
Tak Sengaja, A-10 Angkatan Udara AS Tembakkan Roket Saat Latihan

A-10 Thunderbolt II. Sumber: USAF

Angkasa.news – Ciptaan manusia memang tidak akan pernah sempurna. Buktinya pesawat serang darat A-10C Thunderbolt II Angkatan Udara AS, secara tidak sengaja menembakkan roket saat latihan di dekat Tucson, Arizona (5/9).

“Selama misi pelatihan rutin, A-10C Thunderbolt II yang ditugaskan ke Skadron Tempur ke-354 dari Wing ke-355, secara tidak sengaja melepaskan satu roket M-156 sekitar pukul 10,40,” bunyi pernyataan USAF yang dirilis pada hari itu juga.

Roket menghantam wilayah gurun yang tak berpenghuni di bawah Wilayah Operasi Militer Jackal, sekitar 60 mil timur laut Tucson.

Tidak ada yang cedera, kerusakan atau kebakaran dilaporkan atas insiden yang tengah diselidiki ini. Meski diakui AU AS, area tempat roekt jatuh bukan lah wilayah latihan.

Pesawat yang terlibat dalam insiden berasal dari Skadron Tempur ke-354, Sayap ke-355 yang bermarkas di Pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan di Tucson.

M-156 adalah pilihan hulu ledak untuk roket Hydra 70. Roket memiliki muatan 2,2 lbs munisi fosfor putih (WP) yang memancarkan asap saat menubruk target dan biasanya digunakan untuk penargetan.



Komentar